Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ny. Putri Koster Harap Pramuka Punya Jati Diri yang Kuat

Ny. Putri Koster

 

Denpasar, Porosbali.com- Ketua Dewan Kehormatan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengatakan Pramuka berperan sangat penting dalam pembentukan generasi masa depan bangsa. Untuk itu Gerakan Pramuka diharapkan terus menggeliat dan mengikuti perkembangan zaman terutama di era milenial dewasa ini.

Hal itu disampaikan Ny. Putri Suastini Koster saat Webinar bertema 'Pramuka Milenial di Tengah Wabah Covid-19' yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom di Denpasar, Selasa (30/6).

"Jika dulu kegiatan Pramuka identik dengan kegiatan mencari jejak dan dekat dengan alam, dewasa ini secara 'basic' kegiatan Pramuka tetap sama, namun wahananya yang berubah disesuiakan dengan era digital dan kebutuhan saat ini," katanya.

Menurut istri orang nomor satu di Bali ini, sesuai dengan lambang dari Gerakan Pramuka yaitu tunas kelapa, anggota Pramuka diharapkan memiliki jati diri yang kuat dan tidak mudah goyah. Terus melakukan inovasi serta kegiatan yang tidak hanya memberi manfaat bagi diri sendiri tetapi juga bagi masyarakat serta negara. Demikian pula tumbuhnya anggota Pramuka diharapkan bisa seperti tumbuhnya tunas kelapa yang lurus ke atas mengejar mimpi atau cita-cita.

"Setelah ditempa dalam Gerakan Pramuka, maka diharakan akan terlahir anak bangsa yang berjiwa kuat dan bisa menggapai cita-cita. Seperti pohon kelapa semua bagiannya berguna, maka anggota Pramuka juga diharapkan dapat berguna bagi siapapun juga dan dalam segala bidang. Ke depan, Gerakan Pramuka diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang cerdas, beretika, berbudi luhur, memilki loyalitas dan dedikasi pada negara," ujarnya.

Pihaknya juga meminta anggota Pramuka untuk meneladani semangat para pahlawan. Seperti kata Bung Karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat perjuangan pahlawannya. Maka apa yang diwariskan dan diamanatkan para pahlawan harus kita jaga dan kita wujudkan. Tri Sakti Bung Karno yang mencakup berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan kita implementasikan.

Putri Koster juga mengajak anggota Pramuka untuk tetap produktif di masa pandemi, di mana kegiatan akan lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Aktivitas di rumah tidak akan membosankan jika diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti berkebun di pekarangan rumah, maupun menjalankan hobi lainnya termasuk kegiatan berkesenian dan sastra seperti menulis puisi, menulis novel, menulis cerpen serta kegiatan positif lainnya. "Covid tidak membuat kita tertidur, Covid tidak membuat kita berhenti beraktivitas, kita tetap berkreativitas dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan," ucapnya.

Seniman multitalenta ini juga mengajak para anggota Pramuka di samping memanfaatkan teknologi untuk berkreasi dan berinovasi, juga bisa bijak dalam menggunakan teknologi khususnya gadget. Anggota Pramuka diharapkan bisa menyaring pemberitaan meluruskan informasi di tengah masyarakat serta menyebarkan hal positif ke tengah masyarakat. Hindari hal negatif sebagai dampak dari dunia maya

Di akhir pengarahannya, Putri Koster berharap Gerakan Pramuka bisa mengambil peran nyata, sehingga bisa menjadi partner pemerintah. Anggota Pramuka diharapkan terus mengisi diri sehingga mampu menunjukkan kepedulian, dan menunjukkan kemampuan dalam upaya bersama mewujudkan visi misi 'Nangun Sat kerthi Loka Bali'. "Dengan Gerakan Pramuka kita tunjukkan kualitas diri sebagai generasi muda yang selalu berkarya dan berinovasi," tandasnya. (Pbm1)


TAGS :

Komentar