Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jrx ditetapkan Tersangka, Togar Situmorang: Bahaya Bangun Ketikpercayaan Terhadap Pemerintah

Jerink (Jrx) vokalis Superman Is Dead (SID) ditahan usai jalani pemeriksaan selama 4 jam di Mapolda Bali

Denpasar, PorosBali.com- Drummer SID I Gede Ari Astina alias Jerinx resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Bali pada Rabu (12/8/2020). Dia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui akun Instagramnya @jrxsid pada tanggal 13 Juli lalu.

Dalam postingannya itu, Jerinx mengatakan bahwa IDI merupakan "kacung" dari organisasi kesehatan dunia atau WHO. Tak terima dengan pernyataan tersebut, IDI pun langsung melaporkan Jerinx ke polisi.

Jerinx dikenakan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) dan/atau Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan/atau pasal 310 KUHP dan atau pasal 311 KUHP, sesuai dengan Laporan Polisi No. LP/263/VI/2020/Bali/SPKT, tanggal 16 Juni 2020.

Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH,MH,MAP menilai atas penahanan dan dinaikkannya status tersangka untuk Jerinx adalah kewenangan dari pihak kepolisian dalam hal ini yaitu Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali. 

"Di dalam melakukan penahanan itu merupakan kewenangan dari penyidik dengan pertimbangan mungkin takutnya perbuatan tersebut diulang kembali, menghilangkan barang bukti maupun melarikan diri,” ucap Togar Situmorang,S.H., M.H., M.A.P, Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur.

Sehingga penyidik menyimpulkan untuk menahan Jerinx selama 20 hari kedepan dirutan Polda Bali. Dan pihak kuasa hukum pasti akan melakukan tindakan yang terbaik untuk kliennya dalam membela proses hukum tersebut.

Advokat Kondang Togar Situmorang, SH.,MH., MAP yang masuk ke dalam Tim 9 Investigasi Komnaspan juga menghimbau kepada masyarakat dengan adanya kasusnya Jerinx di Bali terkait Undang-Undang ITE diharapkan masyarakat dalam menggunakan media sosial dengan baik dan bijak.

Kebijaksanaan inilah yang akan menghindarkan kita dari masalah. Terkait hukum UU ITE tidak hanya terjadi pada Jerinx saja, banyak musisi terkenal yang terkenal seperti Ariel Noah, Ahmad Dani juga artis Vanessa Angel, Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua, Anji terjerat kasus terkait pelanggaran ITE.

Advokat Togar Situmorang, SH,MH,MAP sekaligus Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali mengingatkan Jerinx adalah publik figure. Dia banyak penggemar sampai  ribuan orang yang mengidolakannya dan mengikuti apapun katanya. Dalam situasi ini bisa berbahaya ketika Jerinx mengampanyekan hal yang negatif, seperti tolak Rapid test, justru saat ini pemerintah sedang berusaha keras mencegah juga berusaha memutus mata rantai virus mematikan ini dan sangat serius menanganinya bahkan sudah menglontorkan dana besar.

Foto: "Panglima Hukum" Togar Situmorang, SH, MH, MAP

Togar Situmorang yakin, dijadikannya Jerinx sebagai tersangka, bukan semata-mata karena dia menyebut IDI sebagai "kacung WHO" namun hal itu adalah puncak dari apa yang dilakukan Jerinx selama ini yaitu "membangun ketidakpercayaan" dengan apa yang dilakukan pemerintah terkait Covid 19.

Menurutnya, yang banyak orang tidak tahu adalah bahwa bencana pandemi ini bisa dibilang bencana luar biasa. Cara untuk mengatasinya, juga harus luar biasa. Waktu dan dana dikerahkan habis-habisan untuk menghadapi situasi ini yang sangat berpengaruh pada kesehatan dan terpuruknya ekonomi di Indonesia.

"Dan negara masih direpotkan dengan yang namanya "infodemik massif". Apa itu ? Informasi palsu yang disebar berkaitan dengan Corona. Info palsu atau hoax ini disebarkan dengan tujuan membangun kepanikan di masyarakat sekaligus membangun ketidakpercayaan atas apa yang dilakukan pemerintah," papar Togar Situmorang,SH,MH,MAP yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia Kota Denpasar (Pengkot POSSI).

"Ini pelajaran untuk kita semua supaya lebih berhati-hati dalam menggunakan jari dalam hal berbagai pendapat di media sosial secara bijaksana agar dikemudian hari tidak menimbulkan permasalahan yang bisa merugikan kita sendiri apalagi sampai di sel penjara," tutup Advokat Togar Situmorang,SH,MH,MAP.. Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm TOGAR SITUMORANG, Jl. Tukad Citarum No. 5 A Renon ( pusat ) dan cabang Denpasar, Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar, Permata Cargo Jl. Teuku Umar Barat No. 10, Denpasar Barat;Cabang Jakarta terletak di Gedung Piccadilly Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Room 1003 dan 1004 dan Jl. Srengseng Raya No. 69,Lantai Dasar Blok A No. 12, Srengseng Junction, Jakarta Barat. (Pbm5)


TAGS :

Komentar