Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Beragam Fungsi, Rektor Prof Antara Launching Central Park Universitas Udayana

Rektor Unud Prof. Nyoman Gde Antara saat aunching Central Park Universitas Udayana yang berlokasi di Kampus Sudirman Denpasar

Denpasar, PorosBali.com- Central Park Universitas Udayana yang berlokasi di Kampus Sudirman Denpasar, dilaunching pada hari Jumat tanggal 4 Februari 2022.

Kegiatan yang digelar di bawah koordinasi Tim Jubir Unud dilaksanakan untuk mensosialisasikan keberadaan Central Park (Ruang Terbuka Hijau) Unud Kampus Sudirman Denpasar kepada masyarakat.

Central Park merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang dibangun oleh Unud di atas lahan seluas 3.886 meterpersegi. Ada beragam fungsi dari Central Park tersebut, di antaranya fungsi ekologi, fungsi planologi, fungsi estetis, fungsi edukasi dan fungsi ekonomis. Dengan demikian, civitas akademika tidak lagi memandang bahwa kampus hanya merupakan deretan gedung yang terdiri atas ruang untuk belajar saja, melainkan tetap ada ruang berekreasi, menghirup udara segar, dan berinteraksi setelah menghabiskan banyak waktu di dalam ruang kelas, ruang kerja atau laboratorium yang tertutup.

Central Park Unud juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, di antaranya area parkir sangat luas, daya listrik sebesar 32.000 kva, suasana akademik modern, sistem keamanan yang baik, dan lokasi sangat strategis di pusat kota. Dengan demikian Central Park dapat menjadi salah satu pilihan menarik untuk pelaksanaan outdoor event, seperti gathering, syukuran, perpisahan, pameran, pertunjukan seni dan bahkan resepsi pernikahan.

Melalui potensi yang dimiliki, Unud mengundang semua pihak untuk dapat menjadikan Central Park sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan gathering atau outing, dan berbagai kegiatan lainnya dan diharapkan Central Park dapat diterima tidak hanya bagi sivitas akademika Unud tetapi juga bagi masyarakat umum.

Rektor Unud Prof I Nyoman Gde Antara dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pemanfaatan Central Park ini tidak saja diperuntukkan untuk menunjang kegiatan kampus tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. “Ke depan harapan kami Central Park ini dimanfaatkan oleh civitas akademika dalam segala kegiatannya yang memungkinkan untuk outdoor, di samping itu kami juga mengundang masyarakat publik untuk turut memanfaatkannya,” katanya.

Rektor berharap keberadaan Central Park ini dapat meningkatkan eksistensi dan kredibilitas Universitas Udayana di masyarakat. Di samping itu, pihaknya juga tengah fokus membangun berbagai infrastruktur penunjang kegiatan kampus dan penataan aset Unud baik yang berupa tanah maupun gedung. Tahun ini pihaknya juga akan merealisasikan dua agenda besar yakni pembangunan delapan gedung Dekanat di areal Kampus Jimbaran dan pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory yang memiliki kapasitas 6000 bed yang terbagi dalam 22 tower. Asrama ini dibangun dengan tujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru agar lebih mandiri dan mampu melatih soft skill-nya untuk berinteraksi selama bertempat tinggal di asrama.

Segala hal yang berkaitan dengan pembangunan dan/atau pemugaran infrastruktur di lingkungan Unud, sejatinya merupakan salah satu luaran dari komitmen Unud untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan ini yang nantinya diharapkan dapat mendukung cita-cita Unud untuk menuju World Class University. (Pbm5)

Sumber: www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar