Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Berburu Baju Lebaran? Baca Dulu 4 Tips Ini!

ilustrasi

PorosBali.com- Ramadhan sebentar lagi berlalu. Dalam hitungan hari, Lebaran pun akan tiba. Untuk orang Indonesia, sekarang ini berarti saatnya berburu baju lebaran. Baju untuk dikenakan saat lebaran. Entah itu untuk shalat ied, bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga, atau pun yang lainnya. Pokoknya baju yang dipakai dalam suasana lebaran.
 
Anda yang sedang berburu baju lebaran, ada baiknya jeli dan teliti. Tak semua baju yang ada di pasaran, cocok untuk jadi baju lebaran. Dan tentu, dengan kejelian dan ketelitian, Anda bisa mendapat baju lebaran terbaik, yang pas, berkualitas, dan juga hemat di kantong. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi acuan Anda di dalam membeli baju lebaran.
 
1.    Uang THR Bukan Hanya untuk Baju Lebaran

Ya benar, uang THR bukan hanya untuk membeli baju lebaran. Jadi, jangan habiskan semua uang THR yang Anda terima hanya untuk membeli baju. Meski memang tujuan pemberian uang THR ini adalah untuk kepentingan hari raya, dalam hal ini lebaran, ada baiknya Anda tidak menghabiskannya. 

Selain karena ada keperluan yang lain, misalnya untuk beli kue-kue lebaran, makanan untuk sajian lebaran, zakat fitrah, atau hal-hal lain yang memang berhubungan dengan lebaran, akan lebih bagus juga jika uang THR bisa ditabung atau diinvestasikan. Di masa seperti sekarang, ada banyak sekali hal tak terduga yang mungkin akan Anda temui di kemudian hari.


 
Menurut seorang ahli keuangan, membelanjakan uang THR untuk keperluan beli baju lebaran, ada baiknya tidak lebih dari 5% saja. Jadi saat dapat THR, sisihkan 5%-nya. Dan yang sejumlah itulah yang sebaiknya digunakan. Itu pun, jika mungkin, tidak semuanya dihabiskan sekaligus.
 
2.    Fokus Pada Kualitas, dan Bukan Kuantitas

Nah ini, beli baju lebaran lebih baik sekalian yang berkualitas. Standarnya biasanya yang harganya lebih mahal dari yang biasa. Hal demikian itu sama saja dengan berinvestasi. Ya benar, beli baju lebaran yang berkualitas, itu akan awet. Sebaliknya, jika Anda fokusnya ke kuantitas, maka biasanya, kualitas jadi nomor sekian. Meskipun baju yang dibeli banyak, namun itu biasanya tidak awet. Ini sama saja dengan boros.
 
3.    Tak Ada Salahnya Beli Baju Preloved
Ini juga bisa jadi pilihan. Tak ada yang salah dengan beli baju-baju preloved untuk baju lebaran. Tapi tentu, di sini juga fokus pada baju bekas yang berkualitas. Misalnya baju dengan merk tertentu. Jika beli baru dengan merk yang sama, tentu akan membuat Anda mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak.
 
Saat beli barang preloved, pastikan Anda teliti dengan segala halnya. Baca deskripsi baju tersebut dengan detail. Jika mungkin, tanyakan kepada penjualnya. Supaya baju yang Anda beli memang benar-benar baju yang berkualitas baik.
 
4.    Belanja Online Baju Lebaran
Pandemi memang sudah hampir berlalu. Itu sebabnya Anda kini bisa lebih bebas berbelanja. Entah di pasar atau pun di mall. Akan tetapi meski begitu belanja online sepertinya tetap bisa jadi pilihan utama. Anda bisa memilih jenis baju yang sama di berbagai toko. Dan lalu membanding-bandingkan harganya.
 
Selain hal itu, belanja online juga banyak untungnya. Aneka bonus, berbagai macam promo, hingga diskon ini itu tersedia. Ongkos kirim pun kini banyak yang digratiskan. Jatuhnya belanja online bahkan bisa lebih murah dari belanja langsung.
 
Namun, saat belanja online Anda harus hati-hati. Baca deskripsi barang dengan sebaik-baiknya. Dari mulai jenis bahan yang digunakan, ukuran tubuh Anda, warna yang Anda minati, model atau varian tertentu, dan lain-lainnya. Jika dirasa kurang lengkap, tanyakan ke sellernya hingga detail. 

Jangan lupa juga melihat rating toko. Semakin bagus ratingnya, semakin terpercaya toko tersebut. Lalu, baca-baca juga testimoni para pembeli. Jika mungkin, lihat juga foto-foto kiriman dari pembeli tersebut. Anda juga bisa melakukan hal yang sama di berbagai toko. Nah lalu membandingkannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kekecewaan.


 
Blibli bisa jadi pilihan Anda untuk belanja online. Ada banyak seller terpercaya di sana. Barang-barangnya bagus, harganya terjangkau, dan banyak promonya. Dijamin, belanja online di Blibli akan memuaskan Anda.
 
5.    Ayo Lebih Kreatif!
Belanja baju lebaran yang memuaskan butuh daya kreasi yang tinggi. Dari memilih baju yang tepat, model yang pantas, harga yang murah, hingga ini itunya. Untuk baju yang tepat dengan model yang pantas, Anda tentu tahu batasan. 

 

Lebaran itu suasananya sakral, formal, dan agamis. Akan ada orang tua, sanak saudara, atau bahkan orang-orang yang dituakan, atau mungkin orang penting yang akan Anda temui. So, pastikan Anda memilih model baju yang sopan.
 
Anda juga bisa berkreasi dengan pakaian yang sudah ada. Misalnya yang jarang dipakai. Akan tetapi supaya terlihat baru, Anda hanya tinggal menambahkan pakaian yang lainnya. Misalnya rok yang baru, menambahkan rompi atau outer, menggunakan aksesoris yang baru, atau yang lainnya.
 
Itu dia 4 tips yang bisa jadi acuan Anda saat hendak berburu baju lebaran. Tak hanya berlaku untuk Anda pribadi, tips tersebut juga bisa diterapkan saat beli baju lebaran anak-anak Anda, suami Anda, istri Anda, atau siapa pun. Semoga bermanfaat! (*)
 


TAGS :

Komentar