Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ketua TP PKK Bali Ny. Putri Koster Dorong Percepatan Penurunan Stunting

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menghadiri Kampanye Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Bali yang diselenggarakan di GOR Amartha Desa Patas Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng

Buleleng, PorosBali.com- Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menghadiri Kampanye Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Bali yang diselenggarakan di GOR Amartha Desa Patas Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Sabtu, Saniscara Umanis Medangkungan (13/8/2022). Kegiatan ini diselenggarakan BKKBN bekerja sama dengan anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana.

Agar tidak terkesan monoton, Ny. Putri Koster melakukan sosialisasi yang dikemas dalam kuis berhadiah. Peserta yang dipanggil ke depan dan berhasil menjawab pertanyaan memperoleh hadiah yang telah disiapkan Ketua TP PKK Provinsi Bali dan anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Kariasa Adnyana.

Dalam kesempatan itu, Ny. Putri Koster menyelipkan edukasi pencegahan stunting. Menurutnya, upaya pencegahan stunting harus dilakukan sejak dini. Untuk itu, remaja putri yang akan menjadi calon ibu diingatkan memperhatikan pola makan karena hal itu nantinya akan sangat berpengaruh pada masa kehamilan. Selain menjaga asupan makanan, kalangan remaja putri juga diingatkan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu bermain gadget. Selain menyita waktu dan menjadi kurang produktif, radiasi gadget juga dikhawatirkan berpengaruh pada kesehatan reproduksi. Ditambahkan olehnya, asupan gizi yang kurang seimbang pada masa remaja bisa memicu anemia atau Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada masa kehamilan.

Masih terkait dengan pencegahan stunting, kaum ibu yang memiliki anak balita diingatkan menjaga asupan gizi untuk buah hatinya. “Jangan sering diberi makanan instan. Lebih baik kalau ibu-ibu meluangkan waktu memasak makanan untuk anak-anak,” pesannya. Khusus kepada ibu hamil, ia minta agar mereka memeriksakan kandungan minimal 5 kali selama masa kehamilan.

Guna mempercepat penurunan angka stunting di Provinsi Bali, ia akan menggerakkan seluruh kader PKK mulai dari tingkat provinsi hingga kelompok dasa wisma. Ia yakin, TP PKK yang memiliki struktur organisasi terlengkap mampu memberi sumbangsih nyata dalam program edukasi pencegahan stunting hingga ke pelosok.

Sementara itu, Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN Ir. Mila Rahmawati menyampaikan, lembaganya diberi tugas yang sangat penting karena berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia. Menurutnya, bukan hal yang mudah, namun dengan dukungan berbagai pihak, ia yakin tugas ini bisa dilaksanakan dengan baik. Dalam kaitan mencegah stunting, ia mengingatkan agar para ibu memberi asupan gizi yang seimbang bagi buah hati mereka. “Luangkan waktu untuk memasak, jangan habiskan waktu untuk hal tak penting seperti selfi,” pesannya.

Tak hanya itu, pencegahan stunting juga perlu dilakukan menjelang kehamilan dan saat anak dalam kandungan. Untuk persiapan menjelang kehamilan, ia merekomendasikan pasangan calon pengantin (catin) melakukan skrining kesehatan menjelang pernikahan. Untuk itu, BKKBN telah meluncurkan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil (ELSIMIL).

ELSIMIL adalah aplikasi skrining dan pendampingan untuk calon pengantin. Setiap pasangan catin akan mendapatkan pendampingan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berada di desa/kelurahan yang sama dengan wilayah domisili catin. Tujuan aplikasi ELSIMIL adalah untuk melakukan deteksi dini terhadap kesehatan catin untuk mitigasi risiko melahirkan bayi stunting. Mila Rahmawati berharap pasangan Catin memanfaatkan aplikasi ini menjelang pernikahan mereka.

Sementara itu, Kariyasa Adnyana menegaskan pentingnya upaya penurunan angka stunting karena berkaitan dengan daya saing bangsa. Oleh sebab itu, Komisi IX memberi atensi yang besar terhadap upaya penurunan angka stunting. Sebagai wakil rakyat dari Bali, ia berkomitmen mendukung penuh upaya penurunan angka stunting di daerah ini.

Untuk diketahui, mengacu hasil studi status gizi Indonesia (SSGI), prevalensi stunting di Provinsi Bali pada tahun 2021 tercatat 10,9%, di bawah rata-rata nasional yang ditentukan 14%. Bali menargetkan, angka stunting pada tahun 2024 turun menjadi 6,15 persen. Kampanye penurunan angka stunting juga diisi dengan paparan dari Kepala Perwakilan BKKBN Bali Ni Luh Gede Sukardiasih. Kegiatan ini melibatkan masyarakat Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. (Pbm1)


TAGS :

Komentar