Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

BI Bali Dukung Ubud & Beyond Festival melalui QRIS

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendukung pelaksanaan Ubud & Beyond Festival dengan mengusung tema “Lestarikan Budaya Bersama QRIS”. Ubud & Beyond Festival diselenggarakan pada tanggal 24-28 Agustus 2022 di Lapangan Astina, Ubud, Bali.

Gianyar, PorosBali.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendukung pelaksanaan Ubud & Beyond Festival dengan mengusung tema “Lestarikan Budaya Bersama QRIS”. Ubud & Beyond Festival diselenggarakan pada tanggal 24-28 Agustus 2022 di Lapangan Astina, Ubud, Bali.

Acara tersebut dibuka secara resmi di Puri Saren Agung Ubud oleh Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati bersama Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, komisaris ułama Bank Jabar Banten, Farid Rahman, serta para tokoh masyarakat Ubud.

Pada acara tersebut, Bank Indonesia juga turut membagikan Token of Appreciation Uang Rupiah TE 2022 kepada sejumlah tokoh masyarakat Ubud.

Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyampaikan bahwa pelaksanaan Ubud & Beyond Festival diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi Bali dan pelestarian kesenian Bali.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia
Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa tema yang diusung oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dalam mendukung Ubud & Beyond Festival diambil dengan pertimbangan bahwa digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk mendukung pelestarian budaya, terutama di Ubud sebagai sentral budaya.

Di samping iłu, QRIS sebagai alat pembayaran berbasis digital diharapkan dapat mendukung langkah para budayawan dan seniman lokal Ubud untuk terus memajukan budaya kesenian Ubud.

Trisno menyampaikan penggunaan Iayanan digital termasuk transaksi pembayaran digital berbasis QRIS di Bali dan Kabupaten Gianyar mengalami peningkatan yang signifikan.

Saat ini, Kabupaten Gianyar menjadi kabupaten di Bali dengan penetrasi penggunaan QRIS tertinggi ketiga setelah Denpasar dan Badung dengan jumlah merchant yang menerima pembayaran menggunakan QRIS sebanyak 51 .806 merchant atau sekitar 10% dari jumlah merchant QRIS keseluruhan yang terdapat di Provinsi Bali.

Trisno juga menyampaikan bahwa transaksi melalui platform e-commerce yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Gianyar meningkat, di mana pada semester 1 2022 tercatat tumbuh 251% dibandingkan dengan awal pandemi yakni semester 1 2020, atau tumbuh 53% (yoy) apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 .

“Mayoritas metode pembayaran yang digunakan dalam transaksi e-commerce ini yakni secara non tunai (e-money, transfer, Kartu Debit/Kredit Online) dengan pangsa 73%, dan hanya 23% dilakukan secara tunai
(COD/Tunai dan gerai Kios/Minimarket)” , kata Trisno.

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Ubud & Beyond Festival, Bank Indonesia juga mengadakan konser “QRIS Satu Untuk Semua” yang menampilkan musisi Tohpati dan Balawan serta seniman muda Bali, Raka Jana.

Selain itu, Bank Indonesia juga menampilkan booth edukasi QRIS dan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah, serta pameran UMKM binaan/mitra Bank Indonesia.

Penyelenggaraan Ubud & Beyond Festival diharapkan dapat melestarikan seni budaya yang pada akhirnya akan mendorong perekonomian Gianyar dan Bali pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. (Pbm2)


TAGS :

Komentar