Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Srada Bakti, Paiketan AWBP NTB Gelar Pelatihan Kepemangkuan dan Banten

AWBP - Ketua Paiketan AWBP NTB, I  Wayan Sulendra. (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan upakaca termasuk upakara sekaligus meningkatkan srada bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menyelenggarakan pelatihan kepemangkuan dan banten tahun 2023 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Paiketan AWBP NTB, I  Wayan Sulendra saat menghadiri puncak perayaan HUT ke-14 Paiketan Arya Wang Bang Pinatih di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Denpasar, Minggu (6/11/2022).

“Terkait program Paiketan Arya Wang Bang Pinatih NTB yaitu menyelenggarakan pelatihan kepemangkuan dan banten. Mudah-mudahan acara ini bisa terlaksana dengan lancar,” terang I Wayan Sulendra.

Sulendra mengatakan di NTB saat ini ada 29 tempek pemerajan dengan jumlah warga Arya Wang Bang Pinatih  300 KK lebih yang tersebar di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Baca juga: AWBP Terbentuk di DKI Jakarta dan Sekitarnya, Agendakan Peningkatan Kualitas SDM

Berkembangnya warga Arya Wang Bang Pinatih, juga diikuti dengan merenovasi Pura Arya Wang Bang Pinatih.

“Renovasi Pura Arya Wang Bang Pinatih di Lombok Barat sedang berlangsung. Palinggih Padmasana dan Bale Paruman sudah rampung. Tinggal melanjutkan pembangunan 5 palinggih lagi,” jelas Sulendra.

Sementara itu, Sekretaris Paiketan AWBP NTB, Putu Ngurah Winarta, mengatakan, Paiketan AWBP NTB sudah berjalan hampir 5 tahun sehingga sudah bisa mencakup tempek dan merajan di Pulau Lombok dan Sumbawa.

"Kedepan kita akan melakukan pendataan lebih detail kepada semeton AWBP di Pulau Lombok dan Sumbawa agar lebih akrab dalam hal kehidupan sehari-hari maupun kegiatan-kegiatan lainnya seperti sosial, budaya dan religius," katanya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar