Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

CABEM FKH Unud Gelar Kegiatan Edukasi di PA Dharma Jati

Calon Anggota Muda Badan Eksekutif Mahasiswa (CABEM) adalah salah satu dari rangkaian seleksi CABEM Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) tahun 2022. Acara ini dilaksanakan oleh seluruh CABEM Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Badung, PorosBali.com-  Kegiatan kepanitiaan Calon Anggota Muda Badan Eksekutif Mahasiswa (CABEM) adalah salah satu dari rangkaian seleksi CABEM Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) tahun 2022. Acara ini dilaksanakan oleh seluruh CABEM Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Dalam penugasan kali ini, CABEM Kelompok 3 mengangkat kegiatan yaitu edukasi masyarakat “Bermain dan Belajar Bersama Tanpa Takut Rabies”. Kegiatan edukasi ini ditujukan kepada anak-anak Panti Asuhan Dharma Jati ll dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi penyebaran penyakit yang berasal dari hewan ke manusia. Pada kegiatan ini difokuskan pada penyakit rabies khususnya anjing dan juga kucing, sejalan dengan tema yaitu “Raising Awareness and Prevent The Spread Of Zoonosis”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 November 2022. Kegiatan ini juga mengundang Ketua Pelaksana Perekrutan CABEM, I Made Gede Raditya Darmayoga dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Ni Komang Wahyu Centika Sari, serta seluruh fungsionaris BEM.

Pada kegiatan ini terdapat sesi penyampaian materi yang dibawakan Adi Putra Novanolo Waruwu dan juga Ni Made Rani Widya Sari dengan materi yang ringan dan telah disesuaikan dengan rentang umur audien. Penyampaian materi ini dibagi menjadi dua kelompok dengan materi yang sama, dengan kelompok satu dipimpin oleh Ni Made Rani Widya Sari dan kelompok 2 dipimpin oleh Adi Putra Novanolo Waruwu. Panitia lainnya membantu menjaga kondusivitas dan membantu dalam membimbing peserta memahami materi yang dibawakan. Penyampaian materi dibubuhi juga dengan menampilkan gambar ataupun video dari hewan rabies supaya menambah gambaran tentang materi yang disampaikan. Selain menampilkan gambar dan video, penyampaian materi ini juga menggunakan boneka sebaga media praktik cara menggendong ataupun menyentuh anjing dengan benar.

Poin-poin dari pokok bahasan materi yang disampaikan terdiri atas: (a) ciri-ciri hewan yang terkena rabies, (b) langkah mencegah rabies pada anak akibat hewan liar, terutama di daerah yang masih tinggi kasus rabies, (c) Tindakan yang harus segera dilakukan apabila tergigit anjing, yaitu tindakan pada manusia dan pada hewan yang berpotensi sakit rabies, (d) cara berinteraksi dengan anjing baru, (e) cara menggendong anjing, dan (f) yang harus dihindari untuk saat berhadapan dengan anjing.

Setelah berakhirnya sesi penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi games. Sesi games dibagi menjadi 4 pos dengan permainan yang berbeda beda dan berhubungan dengan hewan.

Peserta yang mengumpulkan stiker terbanyak akan mendapatkan penghargaan dari panitia. Tidak hanya itu, peserta teraktif juga akan mendapatkan hadiah dari panitia. Hal ini bertujuan agar setiap peserta bersemangat untuk berperan aktif dalam kegiatan ini dan materi dapat diterima dengan baik dan tentunya menyenangkan. (Pbm5)


TAGS :

Komentar