Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rayakan Siwaratri, Unud Gelar Persembahyangan Bersama di Pura Maha Widya Saraswati

Unud Gelar Persembahyangan Bersama di Pura Maha Widya Saraswati

Badung, PorosBali.com-  Perayaan Hari Siwaratri di Universitas Udayana (Unud) dilaksanakan di Pura Maha Widya Saraswati Kampus Jimbaran, Jumat, 20 Januari 2023 malam. Kegiatan yang diisi dengan persembahyangan bersama ini dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Ketua Senat, para Kepala Biro, para Ketua dan Sekretaris Lembaga, para Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Pimpinan unit kerja di lingkungan Unud, Dharma Wanita Persatuan, Suka Duka Dharma Kanti dan perwakilan FPMHD Unud.

Hari Raya Siwaratri dilaksanakan setiap Purwaning Tilem Sasih Kepitu yang tahun ini jatuh pada 20 Januari 2023. Hari Siwaratri merupakan hari suci yang digelar dalam rangka pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Siwa.

Siwaratri berasal dari dua kata yakni Siwa berarti baik hati, suka memaafkan, memberi harapan dan membahagiakan, sementara Ratri artinya malam atau dapat juga diartikan kegelapan. Jadi Siwaratri dapat diartikan sebagai malam pelebur kegelapan dalam diri dan hati untuk menuju jalan yang lebih terang.

Kisah Lubdaka menjadi satu cerita yang tak terlepas dari Hari Siwaratri yang dikarang oleh Mpu Tanakung. Sesungguhnya Siwaratri merupakan malam perenungan dosa, bukan peleburan dosa. Pada saat inilah Dewa Siwa bersemadi, sehingga ini juga menjadi hari yang baik bagi umatnya untuk melakukan hal yang sama sembari merenungi diri dan melakukan pemujaan kepada Dewa Siwa.

Perayaan Siwaratri di Unud diakhiri dengan persembahyangan bersama menjelang tengah malam yang dipimpin Jero Pemangku Pura Maha Widya Saraswati. (pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar