Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pariwisata Bali Pulih, PLN Catat Beban Pemakaian Listrik Kian Meningkat

Pariwisata Bali Pulih, PLN Catat Beban Pemakaian Listrik Kian Meningkat

Denpasar, PorosBali.com- PT PLN (Persero) mencatatkan rekor beban puncak tertinggi sejak Pandemi Covid – 19, yakni terjadi sejak 12 Desember 2022, dengan beban puncak mencapai 915 Megawatt (MW).

“Kami mencatat pada tanggal 24 Januari 2023, beban puncak pada malam hari mencapai 915 MW, dan ini semakin mendekati beban puncak tertinggi sebelum Pandemi Covid-19 yakni 29 Januari 2020 di angka 980 MW,” sebut I Wayan Udayana, General Manager PT PLN (Persero) UID Bali.

Ia menyebutkan kondisi ini dipengaruhi oleh mulai pulihnya pariwisata Bali yang ditandai dengan serangkaian event baik pasca KTT G20 dan berlanjut pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, serta Tahun Baru Imlek.

“Ini mengindikasikan sinyal pemulihan perekonomian melalui pariwisata di Bali kembali pulih, apalagi peningkatan penjualan listrik 2022 turut terdongkrak mencapai 5.470,51 GWh atau 16,20 persen dengan total pendapatan selama tahun 2022 sebesar 7,1 triliyun rupiah,” jelasnya.

Tarif Bisnis menurutnya, tumbuh secara signifikan hingga mencapai 32,54 persen sepanjang tahun 2022. Walaupun secara keseluruhan, konsumsi listrik pada tarif rumah tangga masih mendominasi mencapai 45,42 persen dibandingkan dengan tarif lainnya. 

“Tentu untuk mencapai ini, PLN melakukan berbagai upaya dan strategi agar masyarakat khususnya para pemilik bisnis dapat memanfaatkan listrik untuk meningkatkan efisiensi pada biaya,” terang Udayana.

Menurutnya, tak hanya di bidang pariwisata saja, namun PLN juga mendorong masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari – hari melalui kampanye Electrifying Lifestyle.

“Di jalan – jalan saat ini banyak kita temui para pengendara yang mulai ramai menggunakan kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, dan tak hanya itu, gerai – gerai penjualan kendaraan listrik juga semakin mudah kita temukan, tentu kami berharap di masa depan masyarakat akan semakin banyak yang beralih kepada kehidupan yang efisien dengan memanfaatkan energi listrik,” tutupnya. (Pbm3)


TAGS :

Komentar