Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Hari Kepanduan Dunia- ke-166, Ratusan Siswa Meriahkan Pesta Siaga Kwarcab Denpasar Tahun 2023

Memperingati Hari Kepanduan Dunia- ke-166, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga pada Rabu, 22 Februari 2023 yang diikuti oleh 400 orang Pramuka Siaga se-Kwarcab Denpasar bertempat di Lapangan Taman Kota Lumintang Denpasar.

Denpasar, PorosBali.com-  Dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Kepanduan Dunia- ke-166, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga pada Rabu, 22 Februari 2023 yang diikuti oleh 400 orang Pramuka Siaga se-Kwarcab Denpasar bertempat di Lapangan Taman Kota Lumintang Denpasar.

Pesta Siaga adalah pertemuan anggota Pramuka tingkat golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diisi dengan kegiatan yang rekreatif, riang gembira dan bersenang-senang menjadi ciri khasnya golongan siaga. Termasuk pada Pesta Siaga, umumnya berisikan berbagai macam lomba yang menarik dan menantang untuk mengasah pengetahuan dan kecakapan setiap peserta didik.

Pelaksanaan Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2023 mengambil tema “Pulih dan Bangkit Bersama Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila” yang dirangkaikan dengan lomba mewarnai dan lomba origami yang diikuti oleh Pramuka Siaga dari Kwartir Ranting se-Kwarcab Denpasar.

Ni Made K. Sukerthi, S.Pd., MS, Ketua Panitia Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2023 saat ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan Pesta Siaga memang rutin dilaksanakan Kwarcab Denpasar setiap tahunnya dengan melibatkan anggota Pramuka golongan Siaga. “Pesta Siaga memang rutin kita laksanakan. Kita berharap melalui Pesta Siaga Kwarcab Denpasar ini gairah Pramuka di Denpasar kembali bangkit dan bergairah kembali,” kata Made Sukerthi.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar I Gusti Lanang Jelantik, selaku Pembina Upacara mewakili Ketua Kwarcab Denpasar dalam sambutannya menyampaikan, pendidikan kepramukaan merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Ada banyak hal yang bisa dipelajari melalui kegiatan pramuka. Tidak hanya menjadi generasi yang mandiri dan berkarakter, anak-anak juga tetap bermain sambil belajar melalui kegiatan pramuka sekaligus sebagai wadah mengembalikan Euforia pramuka di Kwarcab Denpasar setelah lama terhalang pandemi covid-19.

“Ini sebagai bentuk kegembiraan kita semua dilihat dari kegembiraan adik-adik peserta dalam bermain di Pesta Siaga Kwarcab Denpasar kali ini,” kata Lanang Jelantik.

Lanang Jelantik menyampaikan fungsi dari kegiatan Pesta Siaga ini yaitu memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk mengikuti latihan rutin Pramuka setiap minggunya. Menjadi wadah berbagi pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesama anggota Pramuka. Sebagai bahan penilaian dari kegiatan dan kecakapan peserta didik.

Lebih lanjut Lanang Jelantik menyampaikan, dirinya sangat mendukung adanya kegiatan semacam ini, karena pertemuan seperti ini akan berdampak luas terhadap keberadaan Pramuka, seperti meningkatkan ketaqwaan dan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kepercayaan diri, disamping meningkatkan ketrampilan, kedisiplinan serta dapat menambah sahabat.

Pembukaan Pesta Siaga Kwarcab Denpasar tahun 2023 ditandai dengan pelepasan burung oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan didampingi Ketua Panitia Pesta Siaga Ni Ketut Sukerti dan beberapa Andalan Kwarcab Denpasar serta perwakilan dari Kwartir Ranting se-Kwarcab Denpasar. (pbm2)

 


TAGS :

Komentar