Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wawali Arya Wibawa Buka Sosialisasi P3DN Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka kegiatan sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, Jumat (3/3) di Gedung Sewaka Darma, Lumintang Denpasar.

Denpasar, PorosBali.com- Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka kegiatan sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, Jumat (3/3) di Gedung Sewaka Darma, Lumintang Denpasar. Kegiatan yang dirangkaikan memperingati Hut Kota Denpasar Ke-235 dihadiri seluruh Asisten Sekda Kota Denpasar, Kepala OPD Pemkot Denpasar serta staf teknis dengan narasumber dari LKPP, Kementerian Perindustrian dan dari Bank BPD Bali.

Wakil Walikota Arya Wibawa  menyampaikan komitmen yang telah kita bangun dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri dapat diimplementasikan secara nyata sehingga pembeliaan produk import dapat terus dikurangi secara signifikan. “Mari kita bangun komitmen untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, sehingga pembelian produk import dapat dikurangi secara signifikan,” ujar Wawali Arya Wibawa. 

Baca juga: Wawali Arya Wibawa Hadiri Peluncuran Buku dan Film Pendek Purwa Carita Campuhan

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan sosialisasi P3DN dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah sebagai kegiatan strategis, guna memberikan pemahaman kepada kita semua yang berkaitan dengan kebijakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah sebagaimana yang diatur dalam instruksi Presiden No. 2 Tahun 2022. Disamping itu menurut Arya Wibawa implementasi aksi afirmasi penggunaan produk dalam negeri yakni belanja pemerintah saat ini masih mengalami beberap kendala yang memerlukan beberapa perbaikan. Sehingga aksi nyata perlu dilaksanakan, mulai dari optimalisasi perencanaan pengalokasian belanja APBD terhadap pengunaan produk dalam negeri, ketersediaan daftar acuan yang konfrehensip sebagai panduan belanja produk dalam negeri dan TKDN, kompetensi SDM sebagai eksekutor belanja produk dalam negeri, peningkatan kinerja tim P3DN selaku pengendali kebijakan penggunaan produk dalam negeri hingga penyempurnaan katalog lokal dalam meningkatkan kemudahan belanja produk dalam negeri. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini seluruh pemerintah daerah sedang berupaya keras untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi yang dalam dua tahun terakhir terdampak pandemic Covid-19. Berbagai upaya perbaikan tengah dilakukan dan salah satunya adalah peningkatan belanja produk dalam negeri melalui belanja pemerintah. “Kita sadari bahwa belanja APBN/APBD yang cukup besar ini apabila dipergunakan sebesar-besarnya untuk belanja produk dalam negeri tentunya akan dapat mendorong investasi dan membuka lapangan pekerjaan di daerah yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya sembari menambahkan perlu adanya komitmen bersama untuk menggunakan produk dalam negeri, bangga buatan Indoensia dan cinta produk UMKM. 
Sementara  Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Denpasar, Ni Ketut Dewi Ratih Purnamasari menjelaskan kegiatan ini merupakan aksi nyata komitmen Pemkot Denpasar dalam upaya menjamin belanja APBD dengan menggunakan produk dalam negeri. Kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman para pelaku pengadaan barang/jasa tentang penggunaan produk dalam negeri dan TKDN dalam pengadaan barang/jasa pemerintah yang diikuti 300 orang secara online dan offline yang terdiri dari PA/KPA,PPK,Pokja Pemilahan, Pejabat Pengadaan, PPTK, Tim P3DN, TAPD, Bendahara dan Admin SIRUP. “Berlangsung sehari dengan melibatkan narasumber dari LKPP yakni Antonius Lambok Sihombing yang membawakan materi Implementasi Penggunaan PDN dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, dari Kementerian Perinduistrian yakni Dr. Indrani Dharmayanti, SP.,M.Si, serta BPD Bali dengan materi Kartu Kredit Pemerintah Daerah dengan moderator Ketua DPD IAPI Provinsi Bali Dr. I Dewa Agung Gede Manu, SH.,MH,” ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar