Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Adi Arnawa Pimpin Rapat Terkait Surat Edaran Seruan Nyepi

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa memimpin rapat pengarahan tentang seruan pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 di Ruang Nayaka Gosana III, Puspem Badung, Rabu (8/3). (Foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Sekda I Wayan Adi Arnawa selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung memberi pengarahan tentang seruan pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 di Ruang Nayaka Gosana III, Puspem Badung, Rabu (8/3). Acara ini diinisiasi oleh FKUB Badung yang juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Badung I Komang Giriasa, Sekretaris FKUB Badung I Wayan Sukarya , Forkompinda Badung beserta anggota rapat FKUB.

 

Sekda Adi Arnawa mengatakan, FKUB bersama Forkompinda dan Kementerian Agama Badung melaksanakan rapat berkaitan pelaksanaan Hari Raya Nyepi di Kabupaten Badung. “Dalam rapat ini kita menyamakan persepsi sekaligus menyiapkan format, mudah-mudahan bisa diselesaikan. Dan ini menjadi rujukan kepada seluruh masyarakat dalam rangka pelaksanaan Nyepi di Badung. Saya selaku Ketua FKUB mengajak perangkat teknis agar benar-benar melaksanakan surat edaran seruan yang sedang disusun,” ucapnya.

Baca juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Acara Syukuran Balai Banjar Candikuning II

Sementara itu Sekretaris FKUB Badung I Wayan Sukarya mengungkapkan, perayaan Hari Suci Nyepi bertepatan dengan hari pertama Ramadhan atau bulan puasa bagi umat muslim. Mengenai hal itu FKUB Badung mengambil inisiatif bersama Kementerian Agama dan Forkompinda Badung untuk membuat seruan terkait Hari Raya Nyepi. “Karena surat edaran dari FKUB Provinsi belum keluar, kita FKUB Badung mengambil inisiatif bersama Kementerian Agama dan Forkompinda Badung untuk membuat seruan Hari Raya Nyepi. Kami menekankan Hari Raya Nyepi bukan semata-mata perayaan untuk umat Hindu akan tetapi kita lebih pada konsep ekologi dimana kita mengupacarai alam Bali, disamping kita mengharmoniskan alam Bali sehingga logika sederhananya siapapun yang ada di wilayah di Bali ini diharapkan untuk ikut serta menjaga alam Bali lewat pelaksanaan Hari Raya Nyepi sesuai dengan Catur Brata Penyepian,” jelasnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar