Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemkot Denpasar Siap Kolaborasi dengan Inggris dalam Pembinaan Kepanduan

Ketua Kepanduan Negara Inggris Mr. Mike Edey berkunjung ke Pemerintah Kota Denpasar dalam rangka Kolaborasi dan memperkenalkan Kepanduan Negara Inggris di Kota Denpasar. (Foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Ketua Kepanduan  Negara Inggris Mr. Mike Edey berkunjung ke Pemerintah Kota Denpasar dalam rangka Kolaborasi dan memperkenalkan Kepanduan Negara Inggris di Kota Denpasar. Kunjungan ini diterima secara resmi oleh Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana di Gedung Dharma Negara Alaya Sabtu (11/3).


Dalam kesempatan itu Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana atas nama Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan terima kasih atas kunjungan Mr. Mike Edey ke Kota Denpasar untuk memperkenalkan tentang Kepanduan atau  Kepramukaan Di Negara Inggris di Kota Denpasar. Tentunya ilmu kepramukaan itu sangat bermanfaat untuk adik adik pramuka di Kota Denpasar dalam membentuk karakter anak.

Baca juga: Wawali Arya Wibawa: 'Dari Hal Kecil Untuk Mencapai Perubahan Besar'

Lebih lanjut  Alit Wiradana mengatakan,  kegiatan kepramukaan  merupakan kurikulum wajib yang harus dijalankan disemua gugus depan.
Untuk itu  kunjungan ini diharapkan kepramukaan Negara Inggris dan Kota Denpasar bisa berkolaborasi. Mengingat berdirinya Kepanduan diprakarsai oleh Baden Powell
yang menjabat sebagai Letnan Jenderal tentara Inggris. "Dengan kedatangan Mr. Mike Edey ke Kota Denpasar kita bisa  berkolaborasi tentang Kepanduan, wehingga nantinya anak-anak pandu yang ada Negara Inggris bisa berkunjung serta menginap di Kota Denpasar," ucap Alit Wiradana.

Anggota Bina Wasa Pramuka Kota Denpasar  I Ketut Budiarsa menjelasakan  Gerakan Pramuka telah di atur dalam undang undang Republik Indonesia No 12 tahun 2010. 

Untuk  kegiatan pramukanya ada tiga yakni Tingkatan pertama dalam pramuka adalah siaga. Tingkatan ini diikuti anggota berusia 7-10 tahun atau usia SD. Dengan kegiatan pembinaa anggota muda yakni pesta siaga, lomba ketrampilan pramuka dalam HUT Kota. 

Tingkatan berikutnya disebut penggalang, dengan anggota berusia antara 11-15 tahun atau usia SMP. Dengan kegiatan Jambore ranting, jambore cabang penggalang, jambore daerah, jambore nasional, lomba tingkat penggalang, raimuna cabang, raimuna daerah, lomba Bali  scout creativity (BSC), jita joti nasional dan internasional tahun 2022 dan pelatihan cloud computing


Tingkatan pramuka penegak atau dewasa diikuti oleh anggota berusia 16-20 tahun atau usia SMA hingga awal universitas. kegiatannya yakni gelang ajang pramuka, kursus pembina mahir tingkat dasar, kursus pembina mahir tingkat lanjutan, kursus pembina pelatih tingkat lanjutan, karang pamitra,  kursus orientasi kamabigus, pramuka peduli lingkungan (membersihkan pantai), pembagian masker kepada pedagang pasar,penyerahan bantuan bencana, penyerahan bantuan saat bencana. "Untuk kepramukaan di Kita Kita memiliki aplikasi siapsapa yang bisa melihat jumlah keanggotaan yang aktif dantidak aktif serta  kwartir ranting dan gugus depan," ungkap Budiarsa

Ketua Pramuka  Negara Inggris Mr. Mike Edey mengaku, pihaknya bertugas keliling negara untuk memperkenalkan kegiatan  kepanduan di negaranya. Kedatangnya juga untuk  membagi ilmu tentang pramuka di Negara Inggris.

Menurutnya  Pandu di Negara Inggris adalah untuk memberikan kertampilan kepada anak anak untuk bermanfaat dalam kehidupannya.  Pandu di Inggris dibagi menjadi lima  dari jumlah itu urut kelima bertugas membina pramuka di luar negeri.  Untuk jumlah pandu di Ingris sebanyak  420.000  di tahun 2022. Dalam organisasinya ada 12 grup yang membina pandu dari umur empat sampai empat belas setengah tahun. Ada explorer unit dan 1 netwok unit untuk mengembangkan pembina.

Uuntuk kelompok pramuka sendiri bagi empat grup yakni umur squirrels 4-6 tahun, beavers 6-8 tahun, cubs dari 8-10,1/2 tahun dan scouts 10,1/2 -14 tahun. Sedangkan penjelajah laut dari tahun 14-18 tahun dan jaringan unit jaringan singa berusia 18-12 tahun.

Baca juga: Kota Pertama di Indonesia, Denpasar Raih Anugerah Prakarsa Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas

Selain berbagi ilmu pihaknya  juga ingin menyampaikan perbedaan seragam pramuka di Inggris dan Indonesia.   Untuk seragam di Negara Inggris untuk pramuka  di air menggunakan warna biru sedangkan pramuka di darat menggunakan warna hijau. Meskipun berbeda tetapi  ada satu persamaannya dengan Indonesia yakni  Lambang WOSM atau World.

Perbedaan yang lainnya adalah saat bersalaman. Pramuka  Inggris bersalaman menggunakan tangan kiri, karena tangan kanannya memegang pelindung badan. Selain itu saat bersalaman keliking tangan kiri sambil ngelitik tangan teman yang disalami. 

Dari semua kegiatan yang dilaksanakan tujuan utama dalam kegiatan pramuka itu adalah chief Scout's Gold Award. "Untuk mencapai Chief Scout's Gold Award harus melewatkan 9 word lainnya," ucap Mike Edey. (Pbm2)


TAGS :

Komentar