Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ditutup, Porsenijar Badung 2023 Sukses Lahirkan Atlet-atlet Baru dan Insan Seni Tingkat Pelajar

Kk

Mangupura, PorosBali.com- Pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni pelajar (Porsenijar) Kabupaten Badung, tahun 2023, secara resmi ditutup, Minggu 12 Maret 2023, di Lapangan Puspem Mangupraja Mandala Kabupaten Badung. Hadir pada kesempatan ini, Bupati Badung, Wakil Bupati. Ketua DPRD Badung, Kapolres Badung, Dandim 1611/Badung, Kepala Kejaksaan Negeri Badung, Sekda Kabupaten Badung, Disdikpora Bali, Ketua Komisi IV DPRD Badung, Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Badung, Ketua KONI, dan undangan lainnya. Kegiatan yang telah berlangsung selama satu minggu dari tanggal 6 Maret 2023 ini, telah berhasil melahirkan atlet-atlet baru dan juga insan seni di tingkat pelajar dari semua jenjang.

Menurut Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Badung I Gusti Made Dwipayana, terkait kegiatan Porsenijar kabupaten Badung 2023 ini, pihaknya merasa bangga. Pasalnya, melalui kegiatan ini, lahir atlet-atlet yang tentunya akan terus dibina untuk mewakili Badung di kancah selanjutnya. 

"Hari ini saya sangat gembira sekali, karena apa yang menjadi harapan kita bersama, yaitu kita dapat melihat banyak sekali atlet-atlet baru yang lahir pada kesempatan ini. Nantinya atlet ini akan dibina dan akan diterjunkan pada Porsenijar tingkat provinsi yang rencananya akan berlangsung bulan Juni 2023," kata Dwipayana, ditemui usai penutupan Porsenijar.

Baca juga: Forum Kelitbangan Kabupaten Badung Optimalkan Pengelolaan Keuangan Daerah

Dengan telah usainya kegiatan yang digelar selama seminggu penuh ini, pihaknya mengimbau kepada para generasi muda agar tidak berhenti sampai disini. Tentu Porsenijar ini kata dia menjadi ajang untuk mereka dalam menunjukkan bakat dan prestasi masing-masing. "Kami mengajak kepada para generasi muda, mari jadikan event ini sebagai ajang menunjukkan prestasi. Bukan bersaing dengan tidak sehat, namun kita harus bersaing secara sehat. Tunjukkan prestasi sehingga apa yang kita cita citakan dapat kita capai," pesannya kepada generasi muda.

Sementara itu, Ketua Panitia dalam laporan yang dibacakan pada penutupan porsenijar kabupaten badung, menyampaikan, hasil pelaksanaan Porsenijar 2023, telah berlangsung dengan tertib aman dan lancar sesuai dengan rencana. Hal ini karena adanya kerja sama yang baik dan saling pengertian semua pihak serta semua komponen pendukung kegiatan. Meski demikian dalam pelaksanaan tahun ini, memang ada sejumlah hal yang perlu dibenahi untuk kesempurnaan pelaksanaan porsenijar di tahun-tahun mendatang. "Yang patut dibanggakan kata dia yakni, tumbuhnya rasa persaudaraan, sportifitas dan semangat para atlet yang cukup tinggi berlandaskan filosofi menyama braya," ucapnya
 
Dari total sebanyak 9236 orang atlet dan artis yang ikut dalam Porsenijar 2023 ini, berdasarkan medali yang dikumpulkan oleh masing-masing sekolah, maka melalui wasit dan juri, panitia menetapkan juara di masing-masing jenjang sekolah, baik di cabang olahraga maupun seni. 


Cabang Olahraga. 

Jenjang SMA/SMK 

Juara 1 sekaligus Juara Umum, diraih oleh kontingen dari SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan perolehan medali 42 emas, 32 perak dan 38 perunggu dengan total 112 medali.
Juara 2, diraih oleh kontingen dari SMAN 1 Abiansemal dengan perolehan medali 25 emas, 24 perak dan 33 perunggu todla 82 medali. 
Juara 3, diraih SMAN 1 Mengwi dengan perolehan medali, 24 emas. 28 perak dan 30 perunggu, dengan total 82 medali

Jenjang SMP. 
Juara 1 sekaligus Juara Umum, diraih oleh SMPN 1 Mengwi, dengan perolehan 28 Emas, 20 Perak dan 22 perunggu, dengan total 70 medali. 
Juara 2 diraih oleh kontingen dari SMPN 1 Kuta dengan perolehan 19 emas 21 perak dan 22 perunggu dengan tolal 62 medali.
Juara 3 diraih oleh kontingen dari SMPN 1 Abiansemal dengan perolehan 19 emas, 19 perak dan 19 perunggu total 57 medali. 

 

Jenjang SD.
Juara 1 sekaligus juara umum, diraih oleh kontingen dari koordinator wilayah Kecamatan Kuta Utara dengan perolehan 47 emas, 46 perak, 53 perunggu, total 146 medali. 
Juara 2 diraih oleh kontingen dari koordinator wilayah Kecamatan Abiansemal, dengan perolehan 46  emas 32 perak dan 59 perunggu , 137 medali. 
Juara 3, korwil Kecamatan Kuta Selatan, 42 emas, 36 perak dan 44 perunggu, total 122 medali.

Korwil Kecamatan dan sekolah yang berhasil meraih juara umum, diberikan piala bergilir, piala tetap dan piagam penghargaan, serta hadiah uang sebesar Rp 10 juta. Sementara untuk juara dua, diberikan piala tetap, piagam penghargaan, dan uang sebesar Rp 8 juta. Untuk juara 3, memperoleh piala tetap, piagam penghargaan dan uang tunai Rp 5 Juta. 

Baca juga: Jajaki Kerja Sama, Profesor Asal Korea Selatan Kunjungi DPRD Badung


Untuk Bidang Seni
Juara jenjang SMA/SMK
Juara 1 sekaligus juara umum, diraih oleh SMAN 1 Mengwi, dengan 4 emas, 3 perak, 0 perunggu, total 7 medali. 
Juara 2, diraih oleh SMAN 1 Kuta Utara, denga 2 emas dan 2 Perunggu, total  4 medali.
Juara 3, diraih oleh SMAN 1 Abiansemal, dengan 2 emas, 2 perunggu, total 4 medali. 

 

Jenjang SMP
Juara 1 sekaligus juara umum, diraih oleh SMPN 1 Mengwi, dengan 3 emas 2 perunggu.
Juara 2, diraih oleh SMPN 1 Kuta, dengan 2 emas saja. 
Juara 3 diraih oleh SMPN 5 Mengwi dengan 1 emas dan 2 perak. 

 

Juara Jenjang SD. 
Juara 1 sekaligus juara umum, diraih oleh kontingen Korwil Kecamatan Mengwi, dengan 3 emas, 3 perak, dan 1 perunggu.
Juara 2 diraih oleh Korwil Kecamatan Kuta Selatan, dengan 3 emas, 5 perunggu.
Juara 3 diraih oleh korwil Kecamatan Kuta Utara, dengan 2 emas dan 3 perak.

Korwil Kecamatan dan sekolah yang meraih juara umum, diberikan piala tetap, piagam penghargaan dan uang Rp 10 juta. Juara 2 diberikan piagam penghargaan dan uang Rp 8 juta. Juara 3 diberikan piagam dan uang Rp 5 Juta. 


Pada Porsenijar tahun 2023 ini, pihak panitia juga memilih atlet terbaik di masing-masing jenjang sekolah. 

Jenjang SMA/SMK
Atlet terbaik putra, diraih oleh I Kadek Wisnu Pradana, cabang Pencak Silat dari SMAN 1 Mengwi. 
Atlet terbaik putri, diraih oleh Ni Nyoman Suwitri, cabang olahraga Judo, dari SMK TI Global Badung. 

Untuk Jenjang SMP.

Atlet terbaik Putra diraih oleh, Samudra Setiaji Putra, cabang panjat tebing, dari SMPN 2 Kuta. 
Atlet terbaik Putri diraih oleh, Ni Nyoman Padma Kusuma Dewi, cabang Karate, dari SMP N 3 Mengwi.

Jenjang SD. 
Atlet terbaik Putra diraih oleh I Putu Gede Aryana Putra, dari SD No.4 Kerobokan.
Atlet terbaik Putri diraih oleh, Tiara Putri, dari SD Tiara Nirwana Kuta Utara.

Untuk atlet terbaik diberikan Piala, piagam penghargaan dan uang tunai masing-masing Rp 2 Juta. (Pbm2).


TAGS :

Komentar