Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

FT Unmas Denpasar Lepas 35 Calon Sarjana, Dekan Sastra Wibawa: '3C, Transformasi di Era Digital'

Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg saat melepasa salah satu calon wisudawan. (Foto/pbm)

Denpasar, PorosBali.com- Fakultas Teknik (FT) Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar kembali menambah lulusan pada Pengelasan Calon Wisudawan/ Wisudawati Periode Maret Tahun 2023 di Ruang Auditorium kampus setempat, Selasa (14/3/2023).

 

Pada penglepasan yang bertema "Melalui Kinerja Berkualitas, Kita Wujudkan Lulusan yang Transformatif, Inovatif dan Beretika" ini, FT Unmas melepas sebanyak 35 calon sarjana.

 

Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg menyampaikan 35 calon wisudawan kali ini meliputi 32 putra dan 3 putri dengan capaian IPK tertinggi3,71 dan terendah 3,21.S Sementara lama perkuliahan, lulusan tercepat empat tahun dan terlama enam tahun. Sampai saat ini total alumni FT Unmas Denpasar  tercatat 705 orang. 

"Alumni kita banyak yang berada di dunia kerja. Kami harap kepada calon lulusan  apa yang didapat selama perkuliahan dapat diterapkan di masyarakat," ujar Sastra Wibawa.

Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg (foto/pbm)

Di era digitalisasi saat ini, Sastra Wibawa mengatakan pada intinya transformasi yang mengharuskan kita harus bisa berubah. Untuk itu, Sastra Wibawa menekankan pentingnya menerapkan 3C. Pertama, communication, berkomunikasi yang baik dan benar untuk mencapai tujuan. Kedua, Complexity, ketika mengerjakan proyek harus berkoordinasi dengan bidang lain. Dan ketiga, to be Change, yaitu mengubah diri.

"Sekarang anak-anak harus berubah. Bangun pagi. Jangan terlambat bangun. Biasakan bangun pagi untuk menjadi sukses," pesannya.

 

Perwakilan alumni, Ir. I Gusti Made Palguna, yang bergerak di bidang jasa konsultan sekaligus Ketua Ikatan Konsultan Bali atau INKINDO Bali 2022-2026 mengatakan keberadaan dirinya  ini menjadi bukti alumni FT Unmas bisa bersaing di jasa konsultan. Ditegaskannya, percaya diri menjadi kunci sukses kita menjalani profesi.

"Jangan berkecil hati. Kita harus percaya diri. Ini menjadi modal kita memasuki dunian kerja. Tak ada orang bodoh, yang ada orang malas berpikir. Jangan bosan- bosan belajar," jelasnya seraya mengatakan lulus bukan akhir belajar, tapi akhir kuliah.

 

Dikatakannya, kini peluang kerja sangat terbuka apalagi lulusan Fakultas Teknik bisa masuk di banyak bidang. Ia mengaku punya pemikiran, bagaimana jalan raya tidak setiap periode tertentu ditumpuk sehingga banyak kerugian, diantaranya dampak sosial bagi masyarakat sekitar, peninggalan sejarah seperti salah satu pura di daerah Sesetan yang tenggelam akibat penumpukan jalan. Selain itu juga bisa merusak sistem drainase. 

"Ini tantangan jajaran Fakultas Teknik bagaimana menerapkan teknologi yang tidak merusak lingkungan," ujarnya.

Foto bersama calon wisudawan FT Unmas Denpasar. (Foto/pbm)

 

Sampai saat ini FT Unmas Denpasar memiliki Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Teknologi Informasi. Lulusan TF Umas telah banyak yang sukses, baik di birokrasi, akademisi maupun wiraswasta/ pengusaha. FT Unmas Denpasar berkomitmen menjadi Fakultas yang dapat menghasilkan lulusan bermutu, mandiri dan berbudaya. (Pbm5)

 


TAGS :

Komentar