Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ny. Sagung Antari Jaya Negara Lepas Pawai Ogoh-Ogoh TK/PAUD Kecamatan Densel

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat melepas secara resmi dan menyaksikan Pawai Ogoh-Ogoh TK/PAUD se-Kecamatan Denpasar Selatan yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) - PGRI Kota Denpasar di Lapangan Arga Soka, Pegok, Selasa (14/3).

Denpasar, PorosBali.com- Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara melepas secara resmi Pawai Ogoh-Ogoh TK/PAUD se-Kecamatan Denpasar Selatan yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) - PGRI Kota Denpasar di Lapangan Arga Soka, Pegok, Selasa (14/3). Kegiatan ini merupakan upaya mengenalkan budaya kepada anak-anak. Sehingga mampu menjadi pemantik kreatifitas sejak dini. 

Tampak sejak pagi hari anak-anak yang merupakan siswa TK/PAUD se-Kecamatan Denpasar Selatan ini semangat mengikuti pawai. Setelah dilepas secara resmi, serluruh peserta turut mengarak ogoh-ogoh mengelilingi lapangan lengkap dengan gambelan dan iring-iringan pawai ogoh-ogoh. Anak-anak TK/PAUD ini membawa berbagai jenis ogoh-ogoh mulai dari bentuk celuluk, garuda, maupun naga.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat dijumpai usai kegiatan memberikan apresiasi atas semangat anak-anak TK/PAUD se-Kecamatan Denpasar Selatan untuk mengikuti Pawai Ogoh-ogoh ini. Hal ini merupakan rangkaian menyambut Hari Suci Nyepi Caka 1945 Tahun 2023. 

"Kita bisa melihat adik adik ini begitu semangat mengikuti parade ogoh ogoh ini. Ajang ini merupakan salah satu program pembelajaran pengembangan kreativitas anak-anak dengan konsep kebersamaan dan gotong royong, seperti spirit Kota Denpasar, Vasudhaiva Kutumbhakam," ujarnya

Ny. Sagung Antari menambahkan, momentum seperti ini adalah bentuk pelestarian budaya yang nyata dan sangat baik. Hal ini lantaran secara langsung mengenalkan budaya dan tradisi bagi anak-anak. Terlebih lagi keterlibatan langsung anak-anak dalam proses pembuatan sampai pengarakannya. Sehingga lambat laun kreatifitasnya terus terasah dan berkembang saat dewasa nanti. 

“Tidak hanya sekeha teruna, anak-anak TK/PAUD juga antusias mengikuti Pawai Ogoh-Ogoh, hal ini tentu sangat baik untuk mengenalkan adat, budaya dan tradisi, serta menjadi pemantik kreatifitas yang tentunya mendukung keberadaan Denpasar sebagai kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju,” ujarnya

"Parade ogoh ogoh ini juga adalah ajang rekreasi untuk menumbuhkembangan kecintaan anak anak seni, tradisi, dan budaya Bali,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Ogoh-ogoh TK/PAUD di Denpasar Selatan, Ni Gusti Ketut Dina Novena mengatakan kegiatan ini dalam rangka menyambut Nyepi saka 1945 tahun 2023. Dimana, sebanyak 9 peserta yang masing-masing membawa ogoh-ogoh turut mengikuti kegiatan ini. 

"Kami juga ingin mengenalkan budaya pada anak-anak sejak dini," katanya.

Dikatakan Dina Novena, dari pawai ini akan dipilih sebanyak 3 ogoh-ogoh dari masing-masing kecamatan di Denpasar.

"Nantinya mereka akan ikut pawai atau parade di Lapangan Puputan Badung pada 18 Maret 2023," katanya.

Ketua IGTKI - PGRI Kota Denpasar, Nyoman Puspitawati Yasa, sebelumnya parade ogoh ogoh sudah dilakukan untuk 19 Gugus TK dan PAUD dari Kecamatan Denbar dan juga Denut, dengan total jumlah lebih dari 20 buah ogoh ogoh yang diarak. Selanjutnya pada 16 Maret nanti akan digelar untuk Denpasar Timur.

Puspawati menambahkan, selain diarak, ogoh ogoh ini juga dinilai dan nantinya akan dipilih 3 terbaik dari masing masing kecamatan yang akan ditampilkan dan diarak di Parade Ogoh Ogoh Kota Denpasar, tanggal 18 Maret dan digelar di kawasan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung atau Puputan Badung. 

"Dalam penilaian ogoh ogoh ini kami memiliki beberapa kriteria. Antara lain,  keunikan tema, teknik konstruksi, komposisi yang digunakan, ekspresi dan juga proporsi. Selain itu, aksesoris, harmoni warna, kreativitas dan juga penampilan saat parade menjadi unsur yang kami nilai juga," lanjut Puspitawati.

Pihaknya menambahkan, selain 12 peserta terbaik dari 4 kecamatan, pihak IGTKI - PGRI juga akan membawa turut serta 1 peserta lainnya dari lembaga penyedia pendidikan berkebutuhan khusus, yaitu TK Tuna Rungu Sushura pada Parade Ogoh Ogoh Kota Denpasar. Usai melepas dan menyaksikan pelaksanaan pawai, Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara tampak berfoto bersama seluruh peserta yang merupakan perwakilan Gugus TK?PAUD se-Kecamatan Denpasar Selatan. (Pbm2)


TAGS :

Komentar