Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaya Negara Ngratep Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Manik Tirta Pura Ratu Made Agung Paang Kelod

Prosesi Upacara Ngratep Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Manik Tirta di Pura Ratu Made Agung, Paang Kelod, Denpasar dilaksanakan pada Rabu (15/3)

Denpasar, PorosBalicom-  Prosesi Upacara Ngratep Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Manik Tirta di Pura Ratu Made Agung, Paang Kelod, Denpasar dilaksanakan pada Rabu (15/3) di pura setempat. 

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara langsung mengikuti rangkaian prosesi ngeratep sesuhunan di Pura tersebut  Hadir pula Lurah Penatih Wayan Murda serta tokoh masyarakat lainnya. 

Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara mengatakan terlaksananya Upacara Ngratep Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Manik Tirta di Pura Ratu Made Agung, Paang Kelod ini menunjukkan harmonisasi antara Parahyangan, Palemahan, dan Pawongan sebagai implementasi ajaran Tri Hita Karana. “Sradha Bhakti para pengempon upacara ini tercermin dalam aktivitas Yadnya secara gotong royong. Ini menunjukkan spirit Vasudhaiva Kutumbakam (gotong – royong) telah dijalankan secara nyata ditengah masyarakat,” ujar Jaya Negara. 

Sementara ketua panitia upacara, Oka ditemui usai prosesi mengatakan rangkaian Prosesi Ngratep Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Manik Tirta di Pura Ratu Made Agung, Paang Kelod ini di Puput oleh Ida Rsi Bhujangga Griya Tembawu. "Prosesi sendiri dimulai dengan Ngeratep Sesuhunan yakni Sesuhunan Barong Ida Ratu Ngurah Manik Tirta. Dilanjutkan dengan Mesuci ke Segara (Pantai) lalu dilanjutkan Ngerehang di Pura Dalem Penatih. Semoga dengan berjalannya seluruh rangakaian upacara ini masyarakat kami selalu dalam perlindungan Ida Sangat Hyang Widhi Wasa dan Ida Sesuhunan dalam mendukung pembangunan Kota Denpasar berlandaskan spirit Vasudhaiva Kutumbakam, "ujarnya.(pbm2)


TAGS :

Komentar