Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ketahanan Pangan, Kebun Sayuran Rakyat DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar Layak Dicontoh

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan penyerahan bibit sayuran

Denpasar, Porosbali.com- Kebun Sayuran Rakyat DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar mendapat apresiasi dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali. Bahkan Kebun Sayuran Rakyat dengan Konsep Urban Farming ini layak dicontoh dalam upaya menjaga ketahanan pangan keluarga.

Hal ini mengemuka dalam Sosialisasi Kebun Sayuran Rakyat di DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, Jumat (19/6) siang.

Sosialisasi Kebun Sayuran Rakyat merupakan rangkaian kegiatan perayaan Bulan Bung Karno Tahun 2020. Rombongan Tim Sosialisasi DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali diketuai Ni Wayan Sari Galung didampingi wakilnya Ni Made Sumiati beserta pengurus lainnya yaitu Ni Made Rahayuni dan Ni Luh Putu Rumiyawati.

Kedatangan rombongan ini disambut oleh Ketua Panitia Bulan Bung Karno DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara didampingi Koordinator Sosialisasi dan Dokumentasi I Wayan Sutama, I Nyoman Kari Santika, Anak Agung Gede Agung Suyoga serta pengurus dan kader banteng lainnya. 

Mengawali sosialisasi, Ni Wayan Sari Galung menyampaikan kekagumannya atas soliditas jajaran PDI Perjuangan Kota Denpasar. Hal ini tidak terlepas dari kebun sayuran rakyat yang tertata apik sehingga layak mendapat apresiasi. "Srikandi" banteng asal Sesetan ini tidak memungkiri kenyataan selama keliling DPC seluruh Bali. 

"Hari ini adalah sosialisasi terakhir. Kebun sayuran rakyat DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar sangat luar biasa. Andaikata ini penilaian, tentu Denpasar pasti menjadi yang terbaik. Kami berharap Denpasar menjadi bagi DPC lainnya di Bali. Sebagai bagian dari ketahanan pangan, kebun sayuran rakyat milik banteng Denpasar patut ditularkan ke masyarakat hingga rumah tangga", ujar Sari Galung yang juga anggota Komisi IV DPRD Bali. 

Mendukung dan merealisasikan arahan Ny. Putri Suastini Koster, pihaknya berharap kebun sayuran rakyat tidak saja dilakukan saat perayaan Bulan Bung Karno melainkan berkesinambungan untuk kesejahteraan rakyat.

Sementara Ni Made Sumiati menambahkan kegiatan ini mengingatkan untuk kembali ke ajaran Bung Karno yaitu pertanian dalam upaya ketahanan pangan yang mandiri. 

"Kader PDI Perjuangan harus menjadi contoh dalam meningkatkan pendapatan keluarga" harap mantan anggota DPRD Bali dapil Karangasem tersebut.

Tidak itu saja, pihaknya juga berharap seluruh DPC di BLi mesti mencontoh DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar. Pasalnya kebun sayuran rakyat sangat bermanfaat dalam jangka panjang yakni kesejahteraan rakyat secara langsung.

Foto: Ni Wayan Sari Galung dan Ni Made Sumiati secara bergiliran memberikan sosialisasi.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede yang diwakili I Ketut Suteja Kumara menyampaikan terima kasih kepada jajaran DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali yang terus membina seluruh DPC.  Khusus bagi Denpasar, pihaknya mengatakan sangat perhatian terhadap sektor pertanian apalagi menyangkut ketahanan pangan keluarga. 

"Ini juga konsen kami di Denpasar dengan konsep urban farming. Dan akan terus berlanjut, diketoktularkan sampai ke bawah yaitu keluarga", jelas kader banteng militan yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar.

Di hadapan srikandi banteng Provinsi, Ia juga menyinggung peran serta srikandi banteng Denpasar yang sangat besar di masyarakat. Ia mencontohkan keterlibatan srikandi Denpasar berbaur dengan masyarakat ditengah pandemi covid-19 melalui bantuan 300 kg beras yang sudah diberikan di 3 dapur umum Kota Denpasar. Menurutnya ini adalah gerakan kemanusiaan yang diibaratkan embrio kecil yang dilakukan kekeluargaan penuh ikhlas dan niscaya menghasilkan sesuatu yang baik. Pihaknya pun berharap PDI Perjuangan akan menjadi lebih baik dan hebat lagi di masyarakat sehingga dicontoh oleh yang lainnya. Ditambahkannya Denpasar memiliki banyak kader handal dibidang pertanian, salah satunya Wayan Sutama yang getol dengan giat upaya ketahanan pangan. 

Foto: I Ketur Suteja Kumara didampingi I Wayan Sutama

Ungkapan yang sama juga dilontarkan I Wayan Sutama. Politisi asal Desa Peguyangan Kaja ini bahkan mengatakan para banteng Denpasar mampu menyulap lahan tandus di halaman Kantor DPC menjadi kebun sayuran yang amat bermanfaat. 

"Harapan kami agar para kader bisa menularkan di rumah masing-masing dan lingkungan sekitar. Untuk pengembanganya kami juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Pertanian Kota Denpasar maupun Provinsi", papar Wayan Sutama yang kini dipercaya sebagai Sekretaris Komisi II DPRD Kota Denpasar. 

Foto: I Wayan Sutama memberikan penjelasan kepada Ni Wayan Sari Galung terkait kebun sayuran rakyat. 

Kepada rombongan PDI Perjuangan Provinsi Bali, Sutama juga menjelaskan tanaman yang ditanam meliputi sayur hijau, kangkung, bayam, terong, tomat, cabai, seledri dan kemangi. Tidak itu saja, ada juga budidaya lele dan tanaman hias anggrek. 

Foto: Rombongan DPD PDI Perjuangan Bali saat meninjau Kebun Sayuran Rakyat DPC PDI Perjuangan Denpasar.

Pada perayaan Bulan Bung Karno Tahun 2020, kegiatan Kebun Sayuran Rakyat masih sebatas sosialisasi. Selanjutnya mulai 2021 akan dilombakan untuk dinilai sehingga ada juaranya. Kegiatan sosialisasi kali ini diakhiri dengan penyerahan bibit sayuran oleh Ni Made Sari Galung kepada I Wayan Sutama. (Pbm2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


TAGS :

Komentar