Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Lepas 100 Ekor Tukik Di Pantai Serangan, AMERTA Sebut Investasi Untuk Kearifan Lokal

Paslon Amerta saat melepasliarkan 100 ekor tukik jenis lekang di Pantai Serangan, Mingg (25/10/2020).

Denpasar, PorosBali.com- Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Denpasar Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertha Negara (Amerta) bersama Tim Pemenangan dan relawan mengadakan aksi peduli lingkungan berupa pelepasan tulik di Pantai Serangan, Denpasar Selatan, Minggu (25/10/2020) pagi. Aksi ini sebagai wujud Amerta turut aktif melestarikan keberadaan penyu yang semakin punah serta menjaga keberlangsungan ekosistem laut. 

Ngurah Ambara mengatakan, pelepasan penyu ke habitatnya untuk melestarikan penyu khususnya jenis lekang dari kepunahan sertaturut menjaga ekosistem laut. Menurutnya kegiatan ini juga sebagai bentuk investasi yang berpihak pada kearifan lokal. Karena dengan melepasliarkan tukik ini, nantinya kita akan mendapatkan manfaatnya juga yaitu generasi mendatang masih bisa melihat penyu.

“Dengan pelepasan 100 ekor tukik jenis lekang ini, kami harap tukik ini mampu bertahan di alam liar. Dan setelah dewasa, kembali naik bertelur di tempat ini. Dengan demikian, maka penyu semakin banyak,” harapnya.

Ngurah Ambara menambahkan, keberadaan penyu di dunia diambang kepunahan. Dengan langkah kecil ini, khususnya penyu lekang (lepidochelys olivacea) keberadaannya kembali normal.

“Harapan kami, penyu ini tidak punah. Jadi problem keberlangsungan penyu ini adalah keberadaan sampah plastik,” pungkasnya.

Sementara Calon Wakil Walikota Bagus Kertha Negara mengatakan keberadaan penyu diambang kepunahan. Oleh karenanya kami turut serta menjaga eksistensi penyu lekang agar tidak punah.

“Saya berharap pelepasan tukik ini menjadi pemicu bagi para stake holder untuk ikut melestarikan ekosistem. Khususnya, keberadaan penyu,” ujar Bagus Kertha Negara didampingi Ketua Tim Pemenangan Amerta, Wayan Mariyana Wandhira dan Ketua Relawan Anak Agung Kartika. (Pbm2)


TAGS :

Komentar