Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dikubur, Bangkai Paus Terdampar di Pantai Batu Belig

Paus berjenis Bryde’s Whale terdampar di Pantai Batu Belig Lingkungan Batu Belig, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, pada hari Kamis (21/1/2021). (Ig/Hiwayan)

Badung, PorosBali.com- Seekor bangkai Paus dengan panjang kurang lebih 10 meter, terdampar di Pantai Batu Belig, Lingkungan Batu Belig, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, pada hari Kamis (21/1/2021).

Kepala Lingkungan Batu Belig Kauh, I Made Alit Juni Setiawan, mengatakan bahwa bangkai paus terlihat sekitar pukul 09.00 Wita.

Pada waktu tersebut, bangkai paus terlihat mengambang didepan Bali Sani Hotel, dan pada pukul 10.00 Wita kembali terbawa arus dan terdampar tepat didepan Hotel W Bali.

Hal tersebut pun menjadi tontonan masyarakat yang dibuat penasaran olehnya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung tiba di lokasi terdamparnya paus sekitar pukul 12.30 Wita, dengan menurunkan alat berat berupa 1 escavator dan 1 loader yang digunakan untuk mengubur bangkai paus tersebut.

Terkait hal ini, Kepala Bali Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut, Permana Yudiarso, S.T., M.T., mengatakan bahwa paus berjenis Bryde’s Whale ini saat ditemukan sudah membusuk lama. Paus terlihat sudah menggelembung, dan menunjukkan tidak adanya luka.

“Kemungkinan matinya sudah sekitar 2 minggu, dan terbawa arus,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa habitat paus ini biasanya ada di Laut Selatan Bali dengan kedalaman laut lebih dari 200 meter.

“Habitatnya ada di Selatan Bali dengan kedalaman lebih dari 200 meter,” lanjutnya menjelaskan.

Untuk penanganan dilakukan dengan cara dikubur menggunakan alat berat dibantu oleh Polair, BKSDA Bali, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Kerobokan Kelod, beserta warga sekitar. (Pbm2)


TAGS :

Komentar