Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bersih-bersih Sungai di Peguyangan Kaja, Ajak Ubah Mindset Masyarakat

Perbekel Made Parmita saat bersih-bersih di sungai

Denpasar, PorosBali.com- Menjaga kebersihan lingkungan khususnya sungai menjadi komitmen Desa Peguyangan Kaja Kecamatan Denpasar Utara.
Melalui Komunitas Peduli Sungai (KPS) Pemuda Peduli Lingkungan dan Sungai Rangrangan Peguyangan Kaja bekerjasama dengan KPS Denpasar mengadakan kegiatan bersih-bersih dan menata alur sungai yang ada di wilayah Desa Peguyangan Kaja, Minggu (7/2).

"Apresiasi untuk KPS Pemuda Peduli Lingkungan Dan Sungai Rangrangan yang melaksanakan kegiatan ini. Apalagi bersinergi dengan KPS denpasar. Ini wujud komitmen dalam sebuah kebersamaan menjaga lingkungan sungai," ujar Made Parmita, Perbekel Peguyangan Kaja.

Bahkan ia juga menyambut positif kegiatan ini karena melibatkan berbagai pihak seperti tokoh masyarakat baik adat dan dinas.
Dengan adanya kegiatan ini, menurut Parmita sungai akan selalu terjaga kebersihan dan fungsinya sebagai irigasi persawahan atau subak. Selain itu bagi anak muda, kegiatan ini dapat mengubah pola pikir agar tidak mencemari lingkungan dan sungai.

"Kami harapkan nantinya ada perubahan mindset, pola pikir dan perilaku masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dan sungai," pinta Parmita seraya mengharapkan akan banyak masyarakat yang peduli lingkungan seperti ini sekaligus menggali potensi yang ada di Peguyangan Kaja.

Lebih lanjut dikatakan Parmita, Sungai Rangrangan memiliki sejarah dengan kearifan lokal yaitu tradisi Mecandu (bercanda di alur air) yang dilaksanakan pada setiap Hari Umanis Galungan sebelum masyarakat natab banten galungan. Tradisi Mecandu ini menggambarkan girang (riang gembira) menyambut kemenangan dharma melawan adharma. 

"Itulah tradisi Mecandu kami, jika dikaitkan dengan keberadaan dengan sungai ini sehingga kami sangat berharap terjaga kebersihan dan kelestariannya," pungkas Parmita.
(Pbm6)


TAGS :

Komentar