Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ketua DPRD Badung Terima Ketua Bawaslu soal Permohonan Dana Sisa untuk Pengadaan Kendaraan

Ketua DPRD Badung Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M., Selasa (2/2) menerima audiensi Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma, S.H.

Badung, PorosBali.com- 

Ketua DPRD Badung Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M., Selasa (2/2) menerima audiensi Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma, S.H. Kedatangannya tiada lain untuk meminta izin menggunakan dana sisa Bawaslu pada Pilbup Badung Desember 2020 lalu untuk pengadaan kendaraan operasional komisioner Bawaslu.

Putu Parwata menegaskan, kedatangan atau audiensi yang dilakukan Bawaslu Badung terkait dengan dana hibah yang diberikan senilai Rp 8,6 miliar. Dana ini secara umum digunakan untuk melakukan tugas pengawasan pada pilbup Badung. Astungkara semua sudah berjalan dengan baik. Tugas yang diamanahkan kepada Bawaslu, ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung tersebut, sudah dijalankan dengan baik sehingga keberhasilan daripada penyelenggaran pilbup berjalan sesuai harapan.

Dari dana hibah yang diberikan Rp 8,6 miliar lebih, kata Parwata, diperkirakan akan ada sisa Rp 1,4 miliar. Karena dana hibah ini sudah diberikan kepada Bawaslu, ungkapnya, kebijakan-kebijakan selanjutnya diatur oleh Bawaslu. Tetapi kalau ada dana sisa itu harus disampaikan kepada pemerintah dulu, terutama mengenai pengalokasian lebih lanjut.

“Jadi kalau ada dana sisa terkait efisiensi mereka, Rp 1,4 miliar, mereka menyampaikan kepada kami (pemerintah dan DPRD Badung) bahwa dana itu akan digunakan untuk pembelian mobil operasional. Itu sah-sah sah dah boleh sepanjang mereka menyampaikan  suratnya dan kita izinkan mereka karena kebutuhan mereka untuk operasional,” ujarnya sembari menambahkan, bagaimana pun, Bawaslu merupakan tim kerja pemerintahan di Badung.

Hal sama diungkapkan Ketua Bawaslu Badung Alit Astasoma. Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan pilbup di Badung berkat dukungan semua stakeholder termasuk partai politik. “Keberhasilan ini berkat dukungan semua pihak,” tegasnya.

Terkait kedatangannya menemui Ketua DPRD Badung, Alit Astasoma menyatakan Dewan juga merupakan lembaga pengambil kebijakan. Dana yang dimiliki Bawaslu untuk penyelenggaraan pengawasan pilbup yang lalu ada sisa.

Menurutnya, dana itu akan dimohonkan untuk dana operasional kantor. Ini juga sudah disetujui oleh Sekretaris Bawaslu di pusat. “Dana itu akan dimohonkan untuk pembelian kendaraan operasional untuk tiga komisioner Bawaslu,” katanya sembari menambahkan, permohonan ini akan diajukan pada anggaran perubahan 2021 mendatang.


TAGS :

Komentar