Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

BI Dukung Adaptasi dan Transformasi Digital Pelaku Usaha untuk Bangkit di Tengah Pandemi

webminar dengan topik “Adaptasi Bisnis di Tengah Penurunan Pariwisata”. Yang diselenggarakan oleh KPwBI Provinsi Bali

Denpasar, PorosBali.com- Pada hari Kamis tanggal 23 September 2021 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyelenggarakan webminar dengan topik “Adaptasi Bisnis di Tengah Penurunan Pariwisata”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi dan memotivasi pelaku usaha sehingga bisa berapdaptasi di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa pelaku usaha dituntut untuk mampu beradaptasi secara cepat terhadap perubahan yang terjadi. Adapun salah satu cara beradaptasi yakni dengan mengadopsi digitalisasi, mulai dari aspek produksi, pemasaran, pembayaran, hingga pembiayaan. Trisno menambahkan bahwa seiring dengan penurunan level PPKM di Bali, perekonomian Bali pada triwulan II 2021 mulai menunjukkan pemulihan dan tumbuh sebesar 2,83% (yoy). Di samping itu, transaksi digital di Bali terus mengalami kenaikan yaitu Rp30 miliar per bulan dengan jumlah transaksi sebanyak 376 ribu.

Bank Indonesia terus mendorong proses transformasi digital melalui sistem pembayaran menggunakan QRIS yang memungkinkan pelaku usaha untuk masuk ke dalam ekosistem digital dan dapat melakukan transaksi tanpa tatap muka sehingga pembayaran bisa berlangsung cepat, mudah, murah, aman, dan handal.

"Hingga kini jumlah pelaku usaha yang telah terhubung dengan QRIS sudah mencapai lebih dari 10 juta merchant di Indonesia, sementara di Bali berjumlah lebih dari 310.266 merchant," terang Trisno Nugroho.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengapresiasi berbagai usaha Bank Indonesia yang secara kontinu mendukung pelaku usaha untuk terus berinovasi dan memotivasi perubahan pola pikir, sikap dan perilaku dari pelaku usaha. Selain untuk mendukung pemulihan ekonomi, pemanfaatan teknologi digital juga dapat meningkatkan daya saing pelaku usaha Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengapresiasi berbagai usaha Bank Indonesia yang secara kontinu mendukung pelaku usaha untuk terus berinovasi dan memotivasi perubahan pola pikir, sikap dan perilaku dari pelaku usaha. Selain untuk mendukung pemulihan ekonomi, pemanfaatan teknologi digital juga dapat meningkatkan daya saing pelaku usaha. Pelaku usaha yang tidak memanfaatkan teknologi digital di era globalisasi ini akan tertinggal.

"Oleh karena itu, webinar kali ini sangat tepat untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku usaha untuk mulai memanfaatkan teknologi digital," ujar Cok Ace, panggilan Wagub asal Ubud ini.

Beberapa pelaku usaha, digitalprenuer, dan perbankan bertindak sebagai narasumber dalam acara webinar ini. Diantaranya Founder Sehat Segar Herbal Drink, Hermien Sri Rejeki dan Co-Founder Bakmi Sundoro, Bintari Saptanti yang memberikan pengalaman dan wawasan agar produk yang dijual dapat menembus pasar international. Selanjutnya, Pemilik Krisna Oleh-oleh Bali, Ajik Krisna menjelaskan cara pelaku bisnis untuk tetap bertahan dan berinovasi di masa pandemi. Hadir pula Riyeke Usdianto sebagai Digitalprenuer yang memberikan tips pemasaran melalui media digital dan pola pikir dalam menjalankan usaha.

Terakhir, Nathalya Wani Sabu selaku Vice President BCA yang menyampaikan berbagai risiko dan modus kejahatan transaksi digital serta cara  penaggulangannya. (Pbm5)

 


TAGS :

Komentar