Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Univ. Mahasaraswati Denpasar Gelorakan Kebhinnekaan dan Nasionalisme Hadapi Pandemi Covid-19

Rektor Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd.

Denpasar, PorosBali.com- Rektor Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd. membuka seminar nasional pada hari Jum'at (8/10/2021) secara daring.

Seminar yang mengangkat tema "Integrasi Nilai Kebhinnekaan dan Semangat Nasionalisme dalam menghadapi Situasi Pandemi Covid-19" diikuti civitas akademika Unmas Denpasar, mahasiswa S1, mahasiswa S2, mahasiswa S3, akademisi dan praktisi serta kalangan umum.

Seminar menghadirkan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H., M.Si. selaku keynote speaker serta tiga narasumber lain meliputi pakar Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko, M.Sc., M.Phil. lalu ada Kolonel Inf. Ketut Budi Astawa, S.Sos., M.Si. dan yang terakhir Dekan Fakultas Hukum Unmas Denpasar, Dr. I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, S.H., M.Hum.

Dalam sambutannya, Sukamerta berpesan dan mengajak seluruh mahasiswa dan jajarannya agar bangga menjadi warga negara Indonesia.

Lanjut Sukamerta, Ini bukanlah tanpa dasar. Dirinya menyampaikan, negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, dan budaya bisa bersatu dan hidup damai.

"Dan ini tidak lepas dari peranan empat pilar kebangsaan, yaitu UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, serta NKRI itu sendiri," terang Sukamerta.

Menurutnya, jika sebagian besar masyarakat bisa menjaga empat pilar, maka sikap intoleran akan segera bisa teratasi.

Sukamerta berpesan, khususnya kepada para mahasiswa agar mengimplementasikan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, Dekan Fakultas Hukum Unmas Denpasar, Dr. Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, S.H., M.Hum. mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian daripada tri dharma perguruan tinggi.

Diharapkan dengan terus menyampaikan empat pilar kebangsaan, dan sesuai tema seminar nasional hari ini, yaitu mengintegrasikan nilai kebhinekaan, para mahasiswa bisa menumbuhkan rasa militan untuk selalu menjaga keutuhan NKRI. (Pbm2).


TAGS :

Komentar