Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengabdian Masyarakat di Desa Selumbung, FT Unud Tekankan Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Fakultas Teknik Universitas Udayana diselenggarakan di Desa Selumbung Kecamatan Manggis Karangasem pada tanggal 13 November 2021

Karangasem, PorosBali.com- Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Fakultas Teknik Universitas Udayana diselenggarakan di Desa Selumbung Kecamatan Manggis Karangasem pada tanggal 13 November 2021 dengan mengambil tema "Peningkatan Potensi Desa Selumbung Melalui Pengelolaaan Sampah Berbasis Sumber". Kegiatan ini disambut positif oleh Perbekel I Wayan Sudiarka dan Ketua BPD Desa Selumbung I Wayan Kartika dengan menghadirkan tokoh masyarakat desa seperti BPD masing-masing banjar, para kepala dusun, babinsa dan Bhabinkamtibmas serta kelompok masyarakat penggiat kebersihan desa.


Pada kesempatan tersebut juga disampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan yang lebih luas tentang pengelolaan sampah berbasis sumber yang dipaparkan oleh Dr. Wayan Nata Septiadi. Sementara materi tentang teknologi pengolahan sampah residu di TPST disampaikan oleh Prof. I Nyoman Suprapta Winaya. Dalam pengelolaan sampah, sangat ditekankan bahwa apabila pengelolaan sampah dilakukan dengan baik maka akan mampu meningkatkan nilai tambah perekonomian desa dan kebersihan lingkungan. 

Wakil Dekan II Dr. I Ketut Gede Sugita menyampaikan pentingnya mengintegrasikan kegiatan local genius seperti gotong royong rutin yang sudah berjalan baik selama ini yang bersinergi dengan sistem pengelolaan sampah berbasis sumber mengingat jumlah penduduk yang terus meningkat.
"Besar harapan masyarakat agar Fakultas Teknik Universitas Udayana dapat meningkatkan kerjasama dengan menjadikan Desa Selumbung sebagai mitra desa sehingga produk inovasi yang diciptakan khususnya tentang pengelolaan sampah dapat diterapkan di Desa Selumbung," pungkas Ketut Gede Sugita. (Pbm5)

 

 

 


TAGS :

Komentar