Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

'Ancaman' Omicron pada PTM, Mahasiswa MIKM FK UNUD Sosialisasikan Pedoman Sekolah Sehat

Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (MIKM) Fakultas Kedokteran Unud Angkatan XIII Tahun Ajaran 2021/2022 menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di SD Negeri 5 Padangsambian, Senin (3/1/2022). 

Denpasar, PorosBali.com- Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (MIKM) Fakultas Kedokteran Unud Angkatan XIII Tahun Ajaran 2021/2022 menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat  dalam bentuk “Sosialisasi Sekolah Sehat Untuk Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi COVID-19” bertempat di SD Negeri 5 Padangsambian, Senin (3/1/2022). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang baik di masa pandemi COVID-19 di sekolah yang melibatkan seluruh sekolah dasar dalam Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Program Studi MIKM FK UNUD, Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes, DrPH beserta beberapa dosen MIKM. 

Dalam sambutannya Prof. Pande menyampaikan terima kasih kepada SDN 5 Padangsambian karena sudah memfasilitasi mahasiswa MIKM angkatan XIII untuk melaksanakan kegiatan pengabdian di sekolah. Dikatakannya, pengabdian ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan selain aspek pendidikan dan penelitian. 

 

"Protokol dan pedoman sangat penting, dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah pada masa pandemi COVID-19 sehingga tidak terjadi peningkatan jumlah kasus COVID-19 pada anak-anak, seperti yang terjadi di Eropa karena adanya euforia akibat cakupan vaksinasi yang dianggap sudah tinggi serta pentingnya tetap waspada terhadap varian Omicron," ujar Prof. Pande.

 

Kepala SD Negeri 5 Padangsambian  I Made Saptudiarta, S.Pd menyambut baik dan berterima kasih sekolahnya sudah dipercaya menjadi lokasi pengabdian dan dijadikan percontohan untuk sekolah sehat dan ideal untuk pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19.

 

"Kami berharap kegiatan pengabdian seperti ini juga bisa dilakukan di sekolah-sekolah lain untuk mencegah penularan COVID-19 pada anak-anak peserta didik”  ungkap I Made Saptudiarta.

 

Kegiatan ini melibatkan 48 orang mahasiswa MIKM angkatan XIII. Mereka  terlibat aktif, mulai dari persiapan hingga acara puncak Sosialisasi pedoman dan pemutaran video Sekolah Sehat Untuk Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar.

 

Pada kesempatan ini diserahkan pula cinderamata berupa plakat kegiatan pengabdian dan bantuan berupa media edukasi, hand sanitizer dan masker medis anak untuk menunjang kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah.

 

“Kami berharap apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk sekolah dan mohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan selama kegiatan pengabdian kami di sekolah ini” ungkap  dr. I Made Dwi Ariawan selaku Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat MIKM angkatan XIII. (Pbm5)

Sumber: www.unud.ac.id

 


TAGS :

Komentar