Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Groundbreaking Udayana Integrated Student Dormitory, Rektor Targetkan Rampung Akhir Agustus 2022

Pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory (UISD) yang berlokasi di Kampus Unud Jimbaran

Badung, PorosBali.com- Pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory (UISD) yang berlokasi di Kampus Unud Jimbaran ditargetkan rampung dalam jangka waktu enam bulan kedepan yaitu akhir Agustus 2022. UISD merupakan asrama mahasiswa yang dilengkapi berbagai sarana penunjang sebagai fasilitas pendukung kawasan kampus terpadu Unud di  wilayah Jimbaran.

Groundbreaking atau peletakan batu pertama dilaksanakan ditanggal cantik yakni Selasa (22/02/2022) yang dihadiri oleh Irjen Kemendikbudristek mewakili Mendikbudristek dan Wakil Gubernur Bali.  

“Groundbreaking sengaja dipilih tanggal cantik yang diharapkan memberi makna dan bisa diingat terus menerus,” Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam sambutannya.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan tahun ini Unud berusia 60 tahun dan berbentuk Badan Layanan Umum yang segera menuju PTN Berbadan Hukum.

Unud memiliki banyak aset tanah dan baru dimanfaatkan sebagian saja, sementara harapan dari Kementerian agar mengoptimalkan pemanfaatan aset melalui kerjasama dalam rangka meningkatkan pemasukan universitas.

 

Beberapa sarana prasarana tahun lalu telah dibangun dan tahun ini akan dibangun asrama mahasiswa dengan kapasitas 6000 tempat tidur melalui kerjasama dengan PT Waskita Karya Realty.

“Mudah-mudahan ini bisa diselesaikan dan kunci bisa diserahkan tanggal 31 Agustus 2022, mengingat perkuliahan akan dimulai 1 September 2022 sehingga ada waktu sekitar enam bulan untuk merampungkannya,” sebutnya.

Disamping itu juga akan dibangun beberapa Dekanat untuk menunjang perkuliahan S1 yang akan dipusatkan di Kampus Bukit Jimbaran.

“Kedepan juga akan dibangun Lecture Building sehingga semua mahasiswa dapat menikmati fasilitas dengan standar yang sama apapun fakultasnya sehingga bisa nyaman melakukan perkuliahan,” jelasnya. Untuk menunjang kegiatan mahasiswa juga akan dibangun Student Center dan Sport Center.

 

Irjen Kemendikbudristek Dr. Chatarina Muliana Girsang, SH.,SE.,MH dalam sambutannya menyampaikan, pendidikan merupakan hulu bagaimana membangun bangsa ini dan dalam memberikan layanan pendidikan tidak lepas dari sarana prasarana yang memadai.

Sebagai PTN BLU dapat membangun budaya organisasi yang berorientasi dari hasil unit bisnisnya dapat meningkatkan layanan pendidikan, lebih otonomi dan fleksibel.

Bentuk kerjasama dengan PT Waskita Karya Realty ini sudah sebagai salah satu bukti karena pembangunan ini menggunakan APBN nol rupiah. “Ini merupakan pemikiran dan inovasi dari Rektor yang luar biasa, bagaimana menjalin kerjasama dengan BUMN/BUMD dalam meningkatkan layanan Pendidikan,” katanya. (Pbm5)

Sumber: www.unud.ac.id 


TAGS :

Komentar