Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gerakkan Ekonomi Kreatif, IDTI, Koperasi TEB Artha Mulia dan Puratos Indonesia gelar Bazzar UMKM

Dari kiri ke kanan: Ass. Manager Area Timur Paulinus Arto Widi, Ketua Panitia Bazzar UMKM Lippo Mall Kuta Paskalis Budy Hartono, Technical Advisor Puratos Indonesia Chef Wisnu Agustian Suntara, Ketua Umum IDTI Fransiskus Adi Rahmawan, dan Manager PT Alitindo Putu Prinslan.

Denpasar, PorosBali.com- Pertumbuhan ekonomi kreatif khususnya UMKM sangat diharapkan seiring mulai bangkitnya perekonomian Bali dari keterpurukan akibat pandemi covid-19 selama ini. Demikian disampaikan Ketua Panitia Bazar UMKM Lippo Mall Kuta, Paskalis Budy Hartono, pada jumpa pers di Denpasar, Rabu (18/5/2022) serangkaian Bazaar UMKM yang akan digelar di Lippo Mall Kuta mulai Sabtu 21 Mei hingga Minggu, 29 Mei 2022. Tidak itu saja, kegiatan ini juga dirangkai Pameran Kemasan dan Mesin Packing, Flower to Wear Fashion Show, Flower Demo, dan Cooking Class. Bahkan kegiatan Flower to Wear didukung Ketua DPD IPBI Bali, Ida Ayu Sri Puspa Adi.

"Harapannya Bali bisa kembali bangkit terutama UMKM kita karena kami ingin UMKM kita di Bali naik kelas," ujar Paskalis Budi Hartono.

Tema kegiatan yang merupakan sinergi Indonesia Dwipa Tourism & Industry (IDTI) dan Koperasi TEB Artha Mulia serta menggandeng Puratos dan DPD IPBI Bali ini mengangkat tema “Bersama Kita Bertumbuh dan Bergerak Maju Membangun Negeri dari Bali Untuk Indonesia Melalui Pariwisata yang Berbasis UMKM”. 

Hadir dalam jumpa pers itu, Ketua Umum IDTI Fransiskus Adi Rahmawan, Chef Wisnu Agustian Suntara (Technical Advisor Puratos Indonesia), Area Sales Manajer Bali NTB Puratos Paulinus Arto Widi, Putu Prinslan selaku Manajer PT Alitindo yang bergerak dalam kemasan dan GJ Hendratjahjono H. Owner PT Esemtech (Mesin Packing).

Budy Hartono menerangkan kegiatan pada Bazaar UMKM akan ada banyak acara. Antara lain stand bazaar kuliner, fashion, handicraft, exhibisi catur xiangqi, live music kostra, doorprize dan cashback. Nantinya juga akan ada talkshow UMKM dimana pembicaranya Susialiawati dari PPKL Diskop Bali, Nyoman Gading selaku Ketua Pawiba dan dipandu moderator Paskalis Budy Hartono atau yang populer dikenal PBH.

“Bazar ini juga sebagai wadah UMKM agar makin dikenal. Jadi tak hanya menjual juga mencari relasi,” ucap Budy.

Disela event ini nantinya juga akan diberikan materi selain cara pengolahan produk yang sehat, juga cara pengemasannya.

Di zaman sekarang kemasan untuk sebuah produk menjadi vital dimana barang dalam kemasan harus aman dan selamat sampai tujuan. Konsumen tentu akan melihat kualitas produk dan juga kemasannya,” terang pria yang juga Manajer Pengembangan Bisnis Koperasi TEB Artha Mulia ini.

Ketua Umum IDTI, Fransiskus Adi Rahmawan, menyatakan pihaknya menggandeng UMKM karena visi misinya di industri.

“Kita secara bertahap ingin mengangkat UMKM sehingga bisa ekspor. Tentu juga harus berkolaborasi agar bisa bangkit bersama-sama. Intinya seperti Ak Budy katakan kita akan berupaya mengangkat UMKM naik kelas,” jelas Fransiskus yang juga pelaku pariwisata ini.

Sementara Paulus Widhi Arto selaku Area Sales Manajer Bali NTB Puratos mengatakan Puratos siap menjadi partner UMKM baik skala lokal, regional maupun dunia. Puratos selain penyedia bahan, layanan inovasi ide juga akan memberi pendampingan (chef).

"Kami sangat mendukung UMKM tumbuh dan berkembang, kami berharap UMKM di Bali akan terus melangkah jauh kedepan, UMKM go nasional dan go internasional,” ucap Paulus.

Chef Wisnu Agustian Suntara selaku Technical Advisor Puratos Indonesia menjelaskan di bazar ini pihaknya akan menyajikan beberapa resep kue maupun roti berkualitas yang bisa diterima oleh pasar.

“Kami siap memberi resep-resep yang berkualitas, nanti saat acara berlangsung akan ada sesi tanya jawab sepuasnya termasuk konsultasi pasca demo,” katanya.

Pada acara cooking class nanti juga akan mendapatkan hardcopy resep dan tester sampel bakery, dan goody bag berisi voucher dari sponsor. Bahkan akan dihubungi jika ada cooking class berikutnya. (Pbm6)

 

 

 


TAGS :

Komentar