Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ergo-Learning Turunkan Stress Akademik dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mahasiswa

Luh Gede Astuti sukses meraih gelar doktor di FK Unud dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Denpasar, PorosBali.com- Bertempat Ergo-Learning Turunkan Stress Akademik dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mahasiswadi ruang sidang Lt III, Gedung Pascasarjana, Denpasar, telah berlangsung ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda Dra. Luh Gede Astuti, M.Kom yang mengangkat judul disertasi “Ergo-Learning pada Pembelajaran Pemrograman Sistem Pakar Meningkatkan Kualitas, Hasil Belajar dan Usability Produk yang Dihasilkan Mahasiswa di Jurusan Ilmu Komputer Universitas Udayana”, Kamis (21/07/2022).

Dalam disertasinya promovenda menjelaskan pembelajaran pemrograman sistem pakar hasil belajar perlu di tingkatkan untuk menghadapi persaingan global di dunia kerja. Ada tiga beban kognitif yang wajib diterima oleh pelajar (mahasiswa). Tiga beban kognitif tersebut adalah beban intrinsik, ekstrinsik dan konstruktif, dimana beban instriksik dalam pemrogramana cukup tinggi. Dalam mengurangi beban kognitif intrinsik pembelajaran pemrograman sistem pakar menggunakan metode konvensional dimana mahasiswa mengetik coding dari suatu aplikasi sistem pakar sederhana. 

Dari mengetik ulang coding mahasiswa diharapkan dapat menganalisis coding, dan memahami alur dari aplikasi. Pada model pembelajaran ini terdapat masalah pada bidang kesehatan dengan indikator keluhan kelelahan, kebosanan dan stress akademik yang berdampak pada penurunan hasil belajar.

Hasil belajar yang kurang optimal berakibat juga luaran dari pembelajaran sistem pakar yaitu produk aplikasi sistem pakar. Pada pembelajaran konvensional terdapat masalah yaitu produksi tepat waktu dilakukan dalam kondisi pembelajaran yang kurang optimal. Hal ini berdampak pada aplikasi sistem pakar dengan nilai Usability kurang optimal. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk menciptakan desain model pembelajaran pemrograman mahasiswa yang optimal.(Pbm5)


TAGS :

Komentar