Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Fraksi Badung Gede Dorong Semua Pihak Berinovasi

Jurubicara Fraksi Badung Gede Made Wijaya.

Badung, PorosBali.com- Fraksi Badung Gede DPRD Badung dapat memahami dengan baik terkait penjelasan Bupati Badung terhadap Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD Badung serta Rancangan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Badung Tahun Anggaran 2022. Namun pembicara Fraksi Badung Gede, I Made Wijaya. S.T. memberikan pandangan berupa saran, masukan dan pendapat.

Demikian Made Wijaya saat menyampaikan pemandangan umum (PU) Fraksi Badung Gede pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Badung masa persidangan kedua tahun 2022, Rabu, 10 Agustus 2022 di Ruang Sidang Utama Gosana Kantor DPRD Badung.

Made Wijaya mengatakan, melihat proyeksi target perubahan pendapatan daerah pada rancangan perubahan kebijakan umum APBD serta perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara Kabupaten Badung tahun anggaran 2022 mengalami tren peningkatan yang cukup baik dan sangat menjanjikan yakni naik Rp 676.779.978.957 terutama pada aspek pendapatan asli daerah sebelumnya Rp 2.081.220.339.506 menjadi Rp 2.756.145.537.463 atau naik Rp. 674.925.197.957 dan ditambah penerimaan pembiayaan berupa silpa tahun sebelumnya dan penerimaan pinjaman daerah sehingga penerimaan daerah mengalami kenaikan menjadi Rp 882.404.717.248.

Kenaikan yang signifikan ini, sudah tentu sebagai dampak pertumbuhan industri pariwisata yang seiring dengan perhelatan G20 di tahun 2022 yang patut kita syukuri bersama. Yang belum kita ketahui bagaimana kondisi pariwisata pasca-perhelatan G20 dilaksanakan. “Untuk itu kami tidak henti-hentinya mendorong semua pihak untuk berinovasi meningkatkan pendapatan daerah, sehingga pokok-pokok pikiran baik yang melalui hibah maupun kegiatan yang difasilitasi oleh Dewan tidak tereliminasi di tengah jalan,’’ ujarnya.

Made Wijaya lanjut mengatakan, berdasarkan dokumen belanja pada rancangan perubahan kebijakan umum APBD serta perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara APBD Badung tahun anggaran 2022 dirancang Rp 4.085.062.831.200 meningkat Rp. 832.404.717.248 atau naik 25,59% dari APBD induk tahun anggaran 2022. “Melihat kenaikan belanja pada perubahan cukup besar kami berharap pada pemerintah untuk dapat mengimplementsikan program kegiatan dan hibah untuk masyarakat yang difasilitasi oleh anggota Dewan mendapat prioritas dalam pencairannya yakni dimohon dapat dilaksanakan setelah rapat paripurna perubahan kebijakan umum APBD serta perubahan prioritas plafon anggaran sementara tahun anggaran 2022 ini,’’ harapnya.

Fraksi Badung Gede menyampaikan, terkait Rumah Sakit Daerah Mangusada dalam rancangan perubahan mendapat dukungan alokasi anggaran cukup signifikan. Untuk itu kami mohon dapat digunakan dengan baik dalam upaya meningkatkan pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat. “Urusan pemerintah bidang pekerjaan umum dan penataan ruang yang dalam rancangan perubahan tahun anggaran 2022 mendapat alokasi anggaran cukup signifikan dalam batas waktu yang begitu terbatas kami harapkan dapat terserap dengan baik, karena dalam semester pertama daya serapnya masih termasuk belum mencapai target secara maksimal,’’ ujarnya.

Pada kesempatan itu, Fraksi Badung Gede berharap pemerintah melalui Dinas PUPR dapat menjabarkan lebih lanjut arah kebijakan yang akan diambil sehubungan dengan pembebasan lahan/tanah untuk penyelenggaraan jalan yang anggarannya cukup tinggi. Sehubungan dengan itu, berdasarkan realita di lapangan rasanya perlu lembaga DPRD Badung sebagai presentasi masyarakat untuk diajak mengkomunikasikan mencarikan solusi agar tidak terjadi salah persepsi, dan saya yakin pemerintah melalui Bupati yang terkenal bares pasti memberikan solusi terbaik bagi masyarakatnya,’’ ujarnya.

Fraksi Badung Gede juga menyoroti terkait rendahnya penyerapan anggaran di bidang perumahan dan kawasan pemukiman, terus mencari solusi masalah penanganan sampah berbasis sumber sehingga dapat terwujud Badung yang bersih (Badung yang clean) berkelanjutan. “Kami mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Badung yang telah mengalokasikan anggaran untuk pemenuhan hak-hak ASN, PPPK, dan TK2D pada perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara tahun anggaran 2022,’’ ucapnya.

Rapat yang dibuka Ketua Dewan Putu Parwata, hadir Bupati Badung Giri Prasta, para Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Badung, Forkopimda Kabupaten Badung, Sekda Badung beserta seluruh pejabat lengkap di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, para pimpinan instansi vertikal Kabupaten Badung, para direksi perusahaan daerah Kabupaten Badung, Kepala BPD Bali Cabang Badung dan Cabang Mangupura, Ketua dan Sekretaris KPU Badung, Ketua Bawaslu Badung, para tenaga ahli DPRD dan tenaga ahli Fraksi DPRD Badung. (Pbm2)

 


TAGS :

Komentar