Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gelar Media Gathering Unud Kembali Perkenalkan Sembilan Guru Besar Baru

Universitas Udayana (Unud), Selasa (16/8/2022) menggelar media gathering di salah satu hotel di wilayah Seminyak Badung.

Badung, PorosBali.com- Universitas Udayana (Unud), Selasa (16/8/2022) menggelar media gathering di salah satu hotel di wilayah Seminyak Badung. Saat media gathering tersebut, Unud kembali memperkenalkan 9 guru besar (profesor) baru. Dengan tambahan 9 guru besar ini, dalam tahun 2022 saja, Unud sudah mencetak 20 orang guru besar.

Acara tersebut dihadiri Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara didampingi Wakil Rektor I, II dan III, Ketua Forum Guru Besar Unud Prof. Ketut Suastika, Juru Bicara Rektor beserta tim, kalangan dosen, serta undangan lainnya. Hadir juga puluhan wartawan dari media cetak, elektronik, maupun wartawan media online.

Ketua Forum Rektor Prof. Ketut Suastika melaporkan ada tambahan 9 guru besar baru. “Dengan tambahan ini, selama 2022 ini Unud menambah 20 guru besar,” ujar Suastika yang juga mantan Rektor Unud tersebut sembari menambahkan, Unud merupakan satu dari 27 universitas unggul di Indonesia.

Menurutnya, Forum Guru Besar yang dipimpinnya mempunyai salah satu tugas untuk memberikan masukan kepada Rektor dalam menjalankan program-program di Unud. Untuk ini, pihaknya mengajak semua guru besar di divisinya masing-masing untuk merumuskan pemikiran-pemikiran inovatif. “Pemikiran-pemikiran ini akan kami sampaikan ke Rektor sebagai bahan masukan,” tegasnya.

Rektor Unud Prof. Nyoman Gde Antara menyatakan, pihaknya tak sekadar mencetak guru besar dari segi jumlah. Yang paling penting, dia berharap guru-guru besar yang baru bisa meraihnya dalam usia muda. “Jika tidak bisa dalam umur di bawah 30 tahun, paling tidak dalam usia di bawah 40 tahun,” katanya.

Dengan usai yang muda, katanya, pada guru besar bisa mengabdikan dirinya lebih panjang untuk pendidikan khususnya di Unud. Dengan demikian, para guru besar akan memberikan kontribusi besar terhadap mutu pendidikan masyarakat khsuusnya yang mengenyam pendidikan di Unud.

Selain penambahan guru besar, pada media gathering juga dilaporkan bahwa Unud akan menggelar Dies Natalis yang puncaknya pada 29 September mendatang. Terkait Dies Natalis, diawali dengan kegiatan napak tilas yang digelar pada Purnama, Jumat (12/8) yang lalu. Napak tilas digelar ke sejumlah pura di Bali.

Selain seminar, acara lain yang digelar adalah acara kekeluargaan lewat lomba-lomba. Satu lagi yang membuat Dies Natalis tahun ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya adalah akan digelar donor darah untuk mendapatkan minimal 500 kantong darah. “Donor darah Unud serangkaian Dies Natalis ini diusahakan bisa memecahkan Rekor MURI,” kata panitia Dies Natalis.

Untuk donor darah ini, pihak Unud akan mengerahkan seluruh civitas akademika baik pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dosen-dosen serta mahasiswa. Selain itu, untuk Unud disarankan untuk mendirikan UPTD PMI untuk menanggulangi kekurangan pasokan darah yang dibutuhkan masyarakat.

Pada media gathering tersebut, Wakil Rektor 3 Bidang Akademik juga melaporkan mahasiswa baru yang berhasil direkrut Unud untuk tahun ajaran 2022/2023. Menurutnya, semua mahasiswa baru berjumlah 7.362 orang. Mahasiswa S1 berjumlah 6.106 orang, Pascasarjana, mahasiswa profesi dan spesialis berjumlah 1.256 orang. “Semua mahasiswa ini dijaring melalui jalur yang ada seperti SBMPTN, Jalur Mandiri dan Mandiri Prestasi,” ujar Wakil Rektor III Prof. Gusti Bagus Wiksuana. (Pbm5)


TAGS :

Komentar