Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Penyebab Curah Hujan Tinggi di Beberapa Daerah di Bali

potensi curah hujan yang lebih banyak dalam waktu dekat berada di wilayah Bali diprakirakan Bali bagian barat, tengah, selatan hingga timur,” ujarnya, Sabtu (8/10) di Badung.

Badung, PorosBali.com-  Tingginya curah hujan dengan itensitas tinggi beberapa hari lalu, menurut Prakirawan BMKG wilayah III Denpasar, Wulan Wandarana, S.Tr., berdasarkan pantauan dinamika atmosfer, adanya suplai air bergerak dari Pasifik Timur ke Pasifik Barat sehingga memberikan dampak signifikan terhadap potensi pembentukan awan hujan dan berdampak pada peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia. Di samping itu, labilitas lokal kuat mendukung proses konvektif pada skala lokal masih terdapat di wilayah Bali.

Kondisi tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga 3 hari ke depan karena berdasarkan data monitoring musim hujan Stasiun Klimatologi Jembrana, sebagian besar wilayah Bali sudah memasuki musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan sehingga dapat berdampak pada peningkatan curah hujan.

“Daerah yang akan memiliki potensi curah hujan yang lebih banyak dalam waktu dekat berada di wilayah Bali diprakirakan Bali bagian barat, tengah, selatan hingga timur,” ujarnya, Sabtu (8/10) di Badung.

Adanya kondisi labilitas kuat secara signifikan dan mendukung pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah tersebut maka diprakiraan masih akan memiliki intensitas hujan sedang hingga lebat. “Hujan ringan-lebat masih berpotensi terjadi sampai beberapa hari ke depan,” cetusnya.

Dia mengimbau, agar masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir, dan agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca ekstrem terbaru. (Pbm4)

 


TAGS :

Komentar