Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gempa Bumi 2,3 SR Guncang Timur Laut Karangasem

Terjadi gempa bumi dengan kekuatan 2,3 Skala Richter (SR) di timur laut Karangasem sore tadi

Badung, PorosBali.com-  Terjadi gempa bumi dengan kekuatan 2,3 Skala Richter (SR) di timur laut Karangasem sore tadi. Menurut PMG Muda BBMKG Wilayah III, Sidik Santosa, SP, dilihat dari lokasi episenter serta kedalaman pusat gempanya yang dangkal, dapat disimpulkan bahwa pemicu dari gempa tersebut berasal dari aktivitas sesar lokal yang berada di timur Karangasem.

Menurutnya, kejadian gempa bumi merupakan sesuatu yang alami dan normal, di jalur tektonik, sesar, patahan, subduksi, terjadi gempa bumi. “Berdasarkan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 2,3 tidak menimbulkan gelombang tinggi. Hal ini dikarenakan gempa bumi yang terjadi tidak memenuhi karakteristik gempa bumi yang berpotensi tsunami,” jelasnya, Senin (10/10) saat di konfirmasi di Badung.

Menurutnya, jika dilihat dari kekuatan magnitudo dari gempa buminya yaitu sebesar 2,3 dan gempa buminya yang bukan merupakan gempa bumi yang signifikan (tidak dirasakan) maka gempa bumi ini merupakan gempa bumi kecil dan terkait kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan itu sangat kecil. “Bahwa gempa bumi tidak dapat diprediksi baik dari segi ukuran kekuatan gempanya maupun waktu kejadiannya,” cetusnya.

Santosa mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dirinya menambahkan, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Pbm2)

 


TAGS :

Komentar