Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Studi Banding ke Singapura dan Malaysia, FH Unwar gelar FGD, Global Lecture, dan PKM

Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) melakukan rangkaian studi banding ke dua negara, yaitu Singapura dan Kuala Lumpur (Malaysia) pada 15 – 18 Nopember 2022.

Kuala Lumpur, PorosBali.com-  Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) melakukan rangkaian studi banding ke dua negara, yaitu Singapura dan Kuala Lumpur (Malaysia) pada 15 – 18 Nopember 2022.

Studi banding yang mengusung tema “The Function of Law and Local Wisdom in Tourism Business Transactions in the Era of Globalization” ini bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi hukum sebagai subsistem dari sistem pendidikan nasional yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Ilmu Hukum. Termasuk dalam upaya mengimplementasikan visi Unwar, bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034.

Studi banding dipimpin langsung oleh Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH., MH., didampingi oleh WD I, WD II, WD III FH Unwar, Dosen dilingkungan FH Unwar berserta 74 mahasiswa S1 FH Unwar Kelas Reguler B semester 5 dan 7. Studi banding diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari Focus Group Discussion (FGD), Global Lecture, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Dalam lawatan pertamanya di Singapure Institute Technology (SIT), rombongan FH Unwar diterima langsung Ketua Program SIT, Dr. Hee Jhee Jiow, BSc.,MBA.,PhD. Kegiatan diisi dengan seminar “Media and Communication Law” dengan tiga pembicara. yaitu, Ketua Program SIT Dr. Hee Jhee Jiow, BSc.,MBA.,PhD., dan 2 dosen FH Unwar (Dr. I Made Pria Dharsana, SH, M. Hum dan Nyoman Gede Antaguna, SH.,M.,Hum. Dalam seminar tersebut kedua dosen FH Unwar menyampaikan isu terkait “Jaminan Perlindungan Hukum Dalam Penggunaan Media Sosial di Indonesia dan Hakekat Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi, Aktifitas Negative Kaum Netizen di Media Sosial Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undangan Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)”. Sedangkan Dr. Hee Jhee Jiow, BSc.,MBA.,PhD. mengangkat tema “Regulasi Cybercrime (Kontra Modalitas Lessig).

Selanjutnya, Kamis, (17/11/2022) rombongan FH Unwar mengunjungi Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia. Kegiatan diisi dengan penandatanganan kerjasama antara FH Unwar dengan FH UiTM-Malaysia “Program Global Lecture (Program Kuliah Global)”. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH.,MH., bersama Dekan FH UiTM, Prof. Dr. Hartini Saripan dan juga ditandatangi oleh Vice Chancellor bidang Internasional UiTM yang juga Wakil Rektor, Prof. Dr. Shahriman Zaenal Abidin. Penandatanganan kerjasama turut dihadiri oleh Wakil Dekan I FH Unwar, Dr. I Nyoman Sugiartha, SH., MH., Wakil Dekan II FH Unwar, A.A. Sagung Laksmi Dewi, SH.,MH., dan Wakil Dekan III FH Unwar, I Made Minggu Widyantara, SH.,MH.

Disamping melakukan penandatanganan kerjasama operasional, juga dilakukan seminar/diskusi dari kedua civitas yang diisi oleh dua pembicara dari FH Unwar. Yaitu, Ratna Ayu Widyaswari, SH.,MH., dan Dr. IG.A.A. Gita Pritayanti Dinar, SH., serta paparan dari Prof. Dr. Shahriman Zaenal Abidin (FH UiTM Malaysia). Secara kolaboratif FH Unwar juga melakukan pengabdian internasional ke SMA Internasional “Dwi Emas International School”, Malaysia melalui penanaman pohon secara simbollik oleh Dekan FH Unwar, Dekan FH UiTM, Direktur Sekolah Dwi Emas International School, bersama Guru dan siswanya. Yang tidak kalah menariknya adalah pemberian penyuluhan Hukum Kepariwisataan yang berlandaskan adat budaya Bali dengan prinsip Tri Hita Karana guna pelestarian lingkungan hidup yang diberikan oleh I Nyoman Antaguna dihadapan anak-anak sekolah dan guru yang berjumlah 250 orang.

Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, S.H.,M.H., menegaskan bahwa bentuk kerjasama FH Unwar dan FH UiTM yang sudah disepakati kedua belah pihak meliputi kegiatan pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi penelitian, serta summer camp atau winter camp. Dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Summer Program “Language and Culture” sebagai bentuk kerjasama pertama kedua universitas. Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Kerjasama antara Unwar dan UiTM diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa serta dosen untuk menambah pengetahuan, memperluas jaringan, mengasah kemampuan, dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki sebagai wujud partisipasi aktif Unwar dan UiTM dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat berkontribusi lebih baik bagi masing-masing negara. (Pbm5)

 


TAGS :

Komentar