Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ibu Negara Tiongkok Terpukau Saksikan Padus TCI FPar Unud Nyanyikan Bengawan Solo

mahasiswa Tourism Confucius Institute (TCI) Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (FPar Unud). Bagaimana tidak, keterlibatan mahasiswa TCI FPar Unud itu di KTT G20 Bali 15-17 November 2022, menjadi momen penting yang takkan dilupakan.

Denpasar, PorosBali.com-  Pengalaman berharga didapat mahasiswa Tourism Confucius Institute (TCI) Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (FPar Unud). Bagaimana tidak, keterlibatan mahasiswa TCI FPar Unud itu di KTT G20 Bali 15-17 November 2022, menjadi momen penting yang takkan dilupakan.

Momen tak terlupakan itu didapat ketika 40 mahasiswi Fakultas Pariwisata Unud itu turut menyambut Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping bersama Ibu Negara saat mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin (14/11/2022) lalu. Bertemu kepala negara dari Negeri Tirai Bambu itu, tentu jadi pengalaman berharga bagi 40 mahasiswa FPar Unud.

Pengalaman berharga tak berhenti di situ. Mahasiswa/mahasiswi FPar Unud juga turut ambil bagian dalam Spousal Activity Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo bersama Ibu Negara Tiongkok Peng Liuyan, Rabu (16/11/2022), di Nusa Dua, Badung. “Saat Yang Mulia Presiden Xi datang, 40 mahasiswa kami menyambutnya dengan pakaian Nusantara. Luar biasa antusiasmenya,” kata Direktur TCI Fakultas Pariwisata Unud, Dr. Drs. Made Sendra, M.Si., di Denpasar, Jumat (18/11/2022).

Sendra mengatakan, dalam Spousal Activity antara kedua ibu negara, mahasiswanya menyuguhkan paduan suara (padus) dari mahasiswa Program Studi Pengelolaan Perhotelan. Di bawah bimbingan instruktur TCI, persiapan paduan suara dalam rangkaian Presidensi G20 itu memakan waktu satu bulan.

Menariknya, pada puncak Presidensi G20 di The Apurva Kempinski Bali, mahasiswa Fakultas Pariwisata Unud mempersembahkan paduan suara dengan lagu Meili de Suo Luo He yang artinya Bengawan Solo diiringi sasando, alat musik tradisional Nusa Tenggara Timur. “Mahasiswa kami menyanyi langsung di hadapan Ibu Iriana Joko Widodo dan Madame Peng Liyuan. Kedua Ibu Negara itu terlihat sangat menikmati alunan vokal dan musik,” ungkapnya.

Kedua ibu negara, lanjut Sendra, mengapresiasi penggunaan busana adat Bali oleh kelompok paduan suara. Tidak hanya menikmati paduan suara, Madame Peng Liyuan juga sempat berkomunikasi singkat dengan mahasiswa dan mendorong mahasiswa untuk terus bekerja keras mempelajari bahasa Mandarin.

 

“Beliau menyambut lebih banyak anak muda dari Indonesia untuk berkunjung ke Tiongkok, belajar budaya Tiongkok, dan menjadi duta kerja sama Tiongkok-Indonesia. Para mahasiswa anggota paduan suara juga mendapat kesempatan berfoto dengan Madame Peng Liyuan dan Ibu Iriana Joko Widodo,” pungkasnya. (Pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id

 

 


TAGS :

Komentar