Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kesanga Festival, 12 Ogoh-Ogoh Terbaik Denpasar Tampil di Lapangan Puputan Badung

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Kadis Kebudayaan, Raka Puwantara memimpin rapat persiapan pelaksanaan parade Ogoh-ogoh terbaik event Kesanga Festival. (Foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- 12 Ogoh-Ogoh terbaik Kota Denpasar yang telah mendapatkan penilaian dari dewan juri siap tampil di event Kesanga Festival yang akan berlangsung pada tanggal 17-18 Maret mendatang di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Hal tersebut terungkap dalam rapat persiapan pelaksanaan parade Ogoh-ogoh terbaik event Kesanga Festival yang dipimpin Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Kadis Kebudayaan, Raka Puwantara, Sabtu (11/3) di Kantor Walikota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, AA Angga Harta Yana, Sing Main-Main Official Go Andik bersama Agung Suyoga, serta dewan juri, I Gede Anom Ranuara, dan Komang Indra Wirawan.  Di samping itu pelaksanaan rapat juga dihadiri Kasatpol PP Denpasar, Anak Agung Ngurah Bawa Nendra, serta dari Dinas Perhubungan Denpasar.

Baca juga: Wawali Buka Lomba Sketsa dan Pameran Tapel Ogoh-ogoh ST Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati

Wali Kota Jaya Negara menyampaikan ucapan selamat kepada sekaa teruna yang karyanya telah lolos menjadi terbaik di Kota Denpasar. Serta terima kasih atas dukungan dan semangat sekaa teruna untuk meningkatkan kreativitas khususnya dalam bidang seni Ogoh-ogoh menyambut Tahun Baru Caka, Nyepi 1945 Tahun 2023. "Terima kasih kepada sekaa teruna atas semangat kreativitas dan 12 karya seni Ogoh-ogoh di masing-masing kecamatan akan kita tampilkan di Lapangan Puputan Badung dalam gelaran Kesanga Festival," ujar Jaya Negara.
Lebih lanjut disampaikan bahwa event Kesanga Festival ini masyarakat Kota Denpasar dan juga masyarakat seluruh Bali dapat menyaksikan Ogoh-ogoh terbaik tahun 2023 di Kota Denpasar. Penilaian Ogoh-ogoh dalam Kesanga Festival akan menentukan tiga ogoh-ogoh terbaik serta ogoh-ogoh terfavorit yang akan ditentukan oleh masayarakat. Disamping ogoh-ogoh dengan ukuran besar, dalam Kesanga Festival, masyarakat juga dapat menikmati karya seni Ogoh-Ogoh Mini dan Sketsa Ogoh Ogoh serta pameran kuliner dari UMKM Kota Denpasar. "Dalam pertemuan ini telah dibahas bersama secara teknis pelaksanaan event bersama sekaa teruna, dan diharapkan pelaksanaan Kesanga Festival dapat menjadi ajang puncak kreativitas karya seni ogoh-ogoh bagi insan muda Denpasar," ujar Jaya Negara.
Kadis Kebudayaan Denpasar, Raka Puwantara menambahkan persiapan gelaran Kesanga Festival melalui sinergitas bersama antara Pasikian Yowana, MDA Kota Denpasar dan _Sing Main-Main_ Official telah dilakukan. 12 Ogoh-ogoh terbaik telah ditetapkan dewan juri serta akan ber atraksi di kawasan Lapangan Puputan Badung pada 18 Maret mendatang. "Pada tanggal 17 Maret 12 Ogoh-ogoh telah terpajang di Lapangan Puputan Badung, dan sore hari pada tanggal 18 Maret akan berlangsung Festival Ogoh-ogoh," ujarnya. 

Baca juga: Pemkot Denpasar Siap Kolaborasi dengan Inggris dalam Pembinaan Kepanduan

Dalam meningkatkan kreativitas anak muda, Pemkot Denpasar juga telah mengucurkan Dana BKK besarnya Rp. 10 Juta per STT, serta juga memberikan dana stimulus kepada 12 STT yang karya  Ogoh-Ogoh nya terbaik   masing-masing Rp. 20 juta. 

Sementara Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, AA Angga Harta Yana, menyampaikan para peserta ogoh-ogoh terbaik akan mengikuti pawai di kawasan Lapangan Puputan Badung. Disamping itu juga pelaksanaan Kesanga Festival dimeriahkan dengan hiburan musik, pameran  UMKM, Lomba Ogoh-ogoh mini, sketsa Ogoh-ogoh, serta akan dipilih ogoh-ogoh terfavorit hasil dari penilaian masyarakat dan akan mendapatkan hadiah menarik dari Sing Main-Main Oficial. (Pbm2)


TAGS :

Komentar