Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sebanyak 12 Ogoh-Ogoh Terbaik Denpasar Unjuk Aksi di Kawasan Patung Catur Muka

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede bersama salah satu peserta parade ogoh-ogoh. (Foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Kota Denpasar kembali menggelar Parade Ogoh-Ogoh di Tahun 2023 ini. Serangkaian Kasanga Festival, sebanyak 12 ogoh-ogoh terbaik Kota Denpasar yang berasal dari 4 kecamatan unjuk aksi menampilkan kepiawaiannya menarikan ogoh-ogoh di Kawasan Patung Catur Muka, Denpasar, Sabtu (18/3).

Mengambil start di Jalan Sugianyar, parade ogoh-ogoh bergerak melewati Jalan Udayana menuju Kawasan Patung Catur Muka Denpasar. Diiringi Gambelan Baleganjur, seluruh ogoh-ogoh tampil maksimal. Sebelum penampilan 12 ogoh-ogoh terbaik, Parade diawali dengan penampilan ogoh-ogoh TK/PAUD dari perwakilan kecamatan se-Kota Denpasar. 

Baca juga: Karnaval Ogoh-Ogoh Anak TK dan PAUD Meriahkan Kasanga Festival 2023

Hadir langsung Walik Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda Kota Denpasar, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana. Tampak hadir pula Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Ny. IA. Widnyani Wiradana serta undangan lainya. 

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat diwawancarai mengucapkan terimakasih atas kerja keras Pasikian Yowana Kota Denpasar dan komunitas Sing Main-Main yang berkolaborasi dengan Pemkot Denpasar  telah menyelenggarakan kegiatan Kasanga Festival ini dengan baik. 

Dikatakannya, Kasanga Festival merupakan salah satu event positif kepemudaan Denpasar. Hal ini lantaran kegiatan ini merupakan sarana interaksi dan komunikasi guna menumbuh kembangkan kreativitas di kalangan Yowana, Agama, Adat Dan Budaya Bali yang berkesinambungan. Tak hanya itu, pelaksanaan festival ini juga dapat menjadi sarana menggeliatkan  UMKM dan pemulihan ekonomi guna menunjang pembangunan daerah untuk mewujudkan Denpasar  Smart Orange Economy. 

“Kami berterima kasih  sama Pasikian Yowana Kota Denpasar atas pelaksanaan Kesanga Festival ini, kami juga berterimakasih kepada masyarakat Kota Denpasar yang telah hadir tumpah ruah meramaikan Kasanga Festival,” ujarnya

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Kasanga Festival ini, bisa menjadi tuntunan membuat ketentraman, sebagai sarana meningkatkan aktifitas dan kreatifitas, Guna, Gina, Pragina dan Guna Kaya. Oleh sebab itu menjadi tanggungjawab kita sebagai warga masyarakat Denpasar, untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Kasanga Festival ini,” imbuhnya

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan Kasanga Festival yang baru pertama kali ini tentunya masih harus di evaluasi. Sehingga kedepannya pelaksanaan Kasanga Festival ini secara berkelanjutan terus meningkat kualitas penyajian event yang lebih menarik. Sehingga masyarakat menjadi nyaman dan kreatifitas anak muda Kota Denpasar terus meningkat, khususnya di bidang ogoh-ogoh.

“Mengingat ini merupakan hal yang pertama masih banyak hal yang harus di evaluasi untuk event tahun depan yang lebih berkualitas, mudah-mudahan kesanga festival ini menjadi embrio terhadap pertumbuhan pariwisata dan berkontribusi nyata dalam pengembangan pariwisata berbasis event di Kota Denpasar,” ujarnnya 

Jaya Negara juga memberikan apresiasi atas penampilan karya ogoh-ogoh yang luar biasa. Dimana, seluruh karya ogoh-ogoh di Kota Denpasar telah menunjukan kualitasnya. Namun demikian, melalui Kasanga Festival ini diharapkan terus tumbuh bibit seni di berbagai bidang, termasuk ogoh-ogoh. 

“Ini luar biasa, karya ogoh-ogoh bagus semua, sajian Baleganjur, pola pengarakan yang baik menambah kesan apik penampilan ogoh-ogoh, ini sangat luar biasa, semoga bisa lebih baik dan terus meningkat kedepanya,” ujarnya 

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Puwantara didampingi Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, AA Made Angga Harta Yana mengatakan, Parade ogoh-ogoh ini merupakan momentum penilaian final Lomba Ogoh-Ogoh STT di Kota Denpasar. Dimana, nantinya dari 12 peserta ini akan ditetapkan 3 ogoh-ogoh sebagai pemenang yang akan diumumkan Pemprov Bali melalui Dinas Kebudayaan. 

Baca juga: Wali Kota Jaya Negara Buka Kasanga Festival Nyepi Caka 1945

Adapun 12 ogoh-ogoh yang tampil merupakan 3 besar terbaik dari empat kecamatan se-Kota Denpasar. Yakni dari Kecamatan Denpasar Barat, ST. Putra Yasa, Br. Pengiasan, ST. Dwi Putra, Br. Tegal Agung dan ST. Wira Dharma, Banjar Sumuh. Selanjutnya Kecamatan Denpasar Selatan yakni ST. Tunas Muda, Br. Dukuh Mertajati, ST. Eka Laksana, Br. Gaduh, dan ST. Dharma Subiksha, Br. Sasih Panjer. Kecamatan Denpasar Timur yakni ST. Adhi Kusuma, Br. Tegalkuwalon, ST. Shanti Yowana, Br. Yangbatu Kangin dan ST. Yowana Werdhi, Br. Batan Buah. Yang terakhir Kecamatan Denpasar Utara yakni ST. Cantika, Banjar Sedana Merta, ST. Yowana Sari, Br. Uma Sari dan ST Werdhi Sesana, Br. Tega. 

Kasanga Festival yang dilaksanakan untuk pertama kalinya ini, selain menghadirkan 12 ogoh-ogoh terbaik karya STT se-Kota Denpasar, event ini juga turut menghadirkan Lomba Ogoh-ogoh Mini yang diikuti oleh 33 peserta dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh yang diikuti oleh 36 peserta, serta yang terbaru adalah penampilan 12 ogoh-ogoh TK/PAUD se-Kota Denpasar. Tak hanya itu, terdapat pula 40 UMKM Kota Denpasar yang bisa menjadi pilihan warga kota untuk berbelanja dan kulineran. (Pbm2).


TAGS :

Komentar