Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wali Kota Jaya Negara Dampingi Dirjen Bangda Kemendagri Tinjau Operasional TPST Kesiman Kertalangu

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat mendampingi Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Ir. Restuardy Daud meninjau operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Selasa (23/5). (Foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mendampingi kunjungan kerja Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Ir. Restuardy Daud dalam rangka meninjau operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Selasa (23/5).  Hal ini guna memastikan operasional TPST berjalan lancar serta meningkatkan tata kelola persampahan. Sehingga mampu mendukung optimalisasi penanganan sampah oleh pemerintah daerah. 

Tampak hadir Inspektur II Kemendagri, Dr. Ucok Damenta Mag.Rer.Publik, Direktur PEIPD, Iwan Kurniawan ST. MM dan Direktur SUPD II, Dr. Dra. Hj. Erliani Budi Lestari M.Si. Hadir pula Kadis LHK Provinsi Bali, I Ketut Teja, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar dan jajaran direksi Bali CMPP. Usai meninjau TPST Kesiman Kertalangu, Tim Kemendagri juga turut meninjau Bank Sampah Banjar Tangtu, Desa Kesiman Kertalangu. 

Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Ir. Restuardy Daud menjelaskan, kunjungan kali ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi uji coba yang telah dilaksanakan di TPST Kesiman Kertalangu. Sehingga kedepanya menjadi dasar untuk pengoperasian TPST nantinya  secara 100 persen.

“Meninjau dan meningkatkan pemahamanan tata kelola persampahan oleh pemerintah daerah, sehingga nantinya segara dapat dioperasikan secara optimal,” ujarnya

Restuardy Daud berharap, TPST Kesiman Kertalangu ini bisa menjadi model. Dimana, Pemerintah akan melaksanakan Pembangunan TPST di seluruh Indonesia guna mengatasi permasalahan sampah yang menjadi perhatian dunia. 

“Saat ini operasional di TPST Kertalangu terus ditingkatkan hingga 100 persen bahkan lebih, nanti optimalnya kita harapkan Bulan Juni sudah siap semua untuk 3 TPST yakni TPST Tahura Suwung, TPST Padangsambian Kaja dan TPST Kesiman Kertalangu,” ujarnya

Sementara itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pembangunan TPST di Kota Denpasar merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam penanganan sampah. Dimana, peninjauan ini dilaksanakan guna menginventarisasi dan memberikan rekomendasi dalam mendukung percepatan operasional TPST Kesiman Kertalangu. Pihaknya juga menekankan kepada Bali CMPP selaku pihak pengelola agar bekerja secara optimal sesuai komitmen yang disepakati, sehingga permasalahan sampah di Denpasar bisa teratasi. 

Pihaknya juga optimis, dengan beropertasinya 3 TPST ini, yakni TPST Kesiman Kertalangu, TPST Tahura dan TPST Padangsambian Kaja, permasalahan sampah di Kota Denpasar bisa diatasi dengan optimal. Termasuk juga dukungan dari TPS3R serta Bank Sampah yang tersebar di desa/kelurahan. 
 
“Tentu kami berharap nanti dengan beroperasinya TPST di Kota Denpasar mampu mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar,"
 jelasnya 
 
Direktur Operasional Bali CMPP, Andrean Raditha mengatakan, saat ini TPST yang ada di Kota Denpasar secara bertahap operasionalnya terus ditingkatkan. Hal ini sembari mengidentifikasi masalah yang timbul dalam pelaksanaannya. Termasuk juga mengevaluasi pola, proses pengolahan hingga penambahan mesin. 

"Hari ini bisa dikatakan kita di atas uji coba, persiapan menuju operasional penuh di Bulan Juni, saat ini kapasitasnya di TPST Kesiman Kertalangu mencapai 270 Ton/Hari, bergerak menuju 450 Ton/Hari," ujarnya (pbm2).


TAGS :

Komentar