Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putu Parwata Jadi Narasumber Seminar Nasional di Undhira, Gaungkan Karakter Pancasila

Ketua DPRD Badung Putu Parwata saat menjadi narasumber dalam seminar nasional yang digelar Universitas Dhyana Pura, Rabu (31/5/2023). (foto/ist)

Badung, PorosBali.com- Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Rabu (31/5/2023) menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Universitas Dhyana Pura (Undhira) yang mengambil tema “Peranan Generasi Muda Dalam Membangun Peradaban Bangsa Berkarakter Pancasila dan Peran Pancasila Dalam Organisasi Politik Menuju Suksesi 2024”. Selain Putu Parwata, Seminar Nasional tersebut menampilkan narasumber Ir. Iwan Eka Setiawan, M.Sc. yang merupakan Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang PMK RI.

Seminar nasional tersebut dihadiri Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE, MMA, MA dan wakil rektor serta pejabat Undhira lainnya. Seminar nasional ini diikuti oleh ratusan mahasiswa Undhira.

Ditemui usai membawakan materi pada seminar nasional tersebut, Putu Parwata menegaskan, Undhira mengundangnya untuk menjadi narasumber dalam rangkaian Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni. “Kami memberikan apresiasi kepada universitas ini bahwa betul semangat dan spirit yang dibangun oleh kampus ini bersama-sama anak-anak itu tidak melupakan daripada founding fathernya dan ideologi Pancasila. Ini harus digerakkan dan mereka di sini sangat semangat untuk memahami dan mengamalkan apa itu Pancasila.

Oleh karena itu, pihaknya sangat senang bisa memberikan masukan dan materi-materi penguatan, bagaimana mahasiswa ini mempunyai karakter tersendiri di dalam membangun jati dirinya sendiri yang berkarakter Pancasila. “Bagaimana dia membangun karakternya untuk bangsa ini, bagaimana dia bisa memberikan sesuatu yang lain daripada yang lain, memberikan satu nilai-nilai yang tinggi terhadap saudara-saudaranya bersama-sama membangun. Inilah yang kami tegaskan bahwa hanya Pancasila yang bisa mempersatukan kita dan saling menghargai,” tegasnya.

Dia mengatakan, keberagaman dan kebersamaan yang harus dibangun oleh bangsa ini. Dengan begitu, bangsa ini menjadi bangsa yang kuat. Bangsa ini menjadi bangsa yang betul-betul akan dihargai oleh bangsa-bangsa lain. Jadi galilah potensi bersama-sama dengan seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia ini, bersatu bersama saling menghargai sehingga kita bisa hidup damai, hidup rukun dan betul-betul bisa memberikan suatu pedoman dan nilai-nilai yang bisa digetoktularkan kepada kita semuapara generasi-generasi yang akan datang.

“Karena itu kami dorong supaya diskusi Pancasila ini terus dikumandangkan dan menjadi suatu ideologi yang kuat untuk membangun karakter bangsa Indonesia ini,” ujarnya. (pbm2)


TAGS :

Komentar