Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kepala UPT Bahasa Unud Hadiri “Workshop” Nasional I FILBA

Kepala UPT Bahasa Unud Hadiri “Workshop” Nasional I FILBA.

Badung, PorosBali.com-  Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) menyelenggarakan rangkaian agenda Workshop Nasional I di  Telkom University dimulai pada tanggal 5 Juli hingga 9 Juli 2023. UPT Bahasa Universitas Udayana sebagai salah satu Pengurus Nasional turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan workshop diawali dengan keynote speech dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Drs. Abdul Khak, M.Hum dan Pelatihan Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Bahasa oleh Hikmat Gumelar. Pelatihan lainnya adalah  Penggunaan Teknologi dan Pembelajaran Bahasa, Pelatihan Perkembangan Teknologi dalam Kepengawasan Tes Online, Mini Workshop Pembuatan Online E-Learning Berbasis Moodle, Mini Workshop Penggunaan Aplikasi TRAINO, dan lainnya.

Pada sambutannya, Direktur Pascasarjana dan Advance Learning (PSAL), Dr. Achmad Rizal mengatakan, Pusat Bahasa saat ini menjadi bagian penting dalam perguruan tinggi karena tuntutan publikasi saat ini perlu masuk jurnal internasional. Lebih lanjut ia  mengatakan, setiap perguruan tinggi saat ini diharapkan dapat mencetak publikasi jurnal internasional, untuk memfasilitasi hal tersebut, Pusat Bahasa dapat membantu para dosen untuk membuat karya ilmiah yang secara bahasa baik dan sesuai standar bahasa asing dengan pemanfaat AI saat ini.

Ketua FILBA, Dr. Soni Tandiana menyampaikan, di era teknologi saat ini, pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) perlu memiliki perhatian khusus, khususnya dalam meningkatkan kualitas layanan bahasa. (pbm5)


TAGS :

Komentar