Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Odalan Jelih dan Pawintenan Pemangku di Pura Puseh dan Pura Desa Adat Angkah 

Pawintenan Pemangku Khayangan yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Brahma Yoga Putra Daksa dari Geriya Banjar Angkah Tegeh. (Foto/ist)

Tabanan, PorosBali.com- Bertepatan dengan Anggara Kasih Julung Wangi (Selasa, 18 Juli 2023) dilaksanakan Upacara Odalan Jelih di Khayangan Pura Puseh dan Pura Desa di Desa Adat Angkah Kecamatan Selemadeg Barat Kebupaten Tabanan.

Menjelang dilaksanakannya Odalan Jelih ini, Krama Adat Angkah dengan antusias bergotong-royong melakukan prosesi Odalan Jelih yang sudah dimulai sejak Rabu atau Buda Wage Warigadean, 12 Juli 2023 dengan melaksanakan nanceb salon. Selanjutnya pada Sabtu atau Saniscara Paing Warigadean, 15 Juli 2023 krama istri membuat Banten Negtegang Manik Galih dan Nyalcal yang dilanjutkan dengan Upakara dan Uparengga (Ngolah Caru) serta melengkapi banten upacara pada Minggu atau Redite Pon Julungwangi, 16 Juli 2023. Lalu, pada Senin atau Soma Wage 17 Juli 2023 dilaksanakan Pecaruan, Mendak Siwi dan Ngemejiang Ida Bhatara  yang dilaksanakan di Pura Ulu Panggung Sakti. 

Baca juga: Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas Pura Dalem Buitan Gulingan

Saat Odalan Jelih itu juga dilaksanakan Pawintenan Pemangku Khayangan yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Brahma Yoga Putra Daksa dari Geriya Banjar Angkah Tegeh. Pemangku Khayangan yang diwinten yaitu Mangku Pura Puseh I Made Arsianta, Mangku Pura Desa I Nyoman Sudarmika, Mangku Pura Dalem I Wayan Murdita, Mangku Pura Ulu Pangkung Sakti I Wayan Seriana, Mangku Pura Prajapati I Wayan Supriatna dan Mangku Catus Pata I Wayan Darmadi. 

Ida Pandita Mpu Brahma Yoga Putra Daksa. (Foto/ist)

 

Upacara  Pawintenan pemangku bertujuan untuk menyucikan diri secara lahir dan batin agar dapat menjalankan tugas-tugas kepemangkuan di Pura, sehingga berhak memimpin pelaksanaan Upacara Yadnya sebagai perantara Umat dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan," ujar Bendesa Adat Angkah, I ketut Suripta. (Pbm2)


TAGS :

Komentar