Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

FT Unmas Denpasar Lepas 47 Calon Wisudawan, Dekan Sebut Pentingnya SHIP dalam Dunia Kerja

Calon wisudawan/ wisudawati FT Unmas Denpasar (atas) dan Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. Made Sastra Wibawa, M.Erg., IPM., ASEAN, Eng. saat melepas salah satu calon wisudawati. (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Dekan Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati (FT Unmas) Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., IPM., ASEAN, Eng. melepas 47 calon wisudawan/ wisudawati periode September 2023 di Ruang Auditorium kampus setempat, Sabtu (16/9/2023). Sehari sebelumnya, para calon wisudawan/ wisudawati mengikuti acara siraman di halaman depan kampus setempat.

Penglepasan kali ini bertema "Menghasilkan Lulusan Fakultas Teknik yang Bermutu menuju Indonesia Maju".

Dalam sambutannya, Sastra Wibawa menyampaikan pentingnya memahami diri ketika mau memasuki dunia kerja. Pasalnya, dunia kerja diisi oleh beragam orang yang memiliki kemampuan atau skill dari berbagai disiplin ilmu. Untuk itu Sastra Wibawa menyebut calon wisudawan mesti SHIP yaitu Sistemik, Holistik, Interdisipliner serta Partisipatory. 

Dekan Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati (FT Unmas) Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., IPM., ASEAN, Eng. saat memberi sambutan. (Foto/ist)

 

Sistemik, menurut Sastra Wibawa adalah kita memahami diri dalam sebuah sistem. "Ada aturan yang harus diikuti. Berusahalah memahami aturan tersebut,"ucapnya.

Holistik yaitu selalu berpikir secara global atau holistik dalam  beraktivitas.

Kemudian Interdisipliner. Menurutnya, di dunia kerja ada yang yang teknik sipil, ada teknik lingkungan dan lainnya. "Ketika kita mengerjakan kegiatan, pahami teman lain yang mengerjakan proyek," tambah Sastra Wibawa.

Terakhir, Partisipatory. Maksudnya, di manapun berada dan siapapun yang diajak bekerja berikan dia berpartisipasi. "Maksudnya adalah memberi penjelasan yang lebih konkret terhadap yang kita kerjakan," jelasnya. 

Sastra Wibawa juga mengatakan calon sarjana yang dilepas nantinya dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang di dapat selama kuliah.

"Alumni kita banyak yang berada di dunia kerja. Kami harap kepada para lulusan agar  apa yang didapat selama perkuliahan dapat diterapkan di masyarakat," terangnya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan alumni FT Unmas, Ir. I Gusti Made Palguna menyampaikan, memasuki dunia kerja berarti mulai dari nol jika belum pernah kerja saat kuliah. Dikatakan, dulu banyak yang kuliah sambil bekerja. "Jangan minder, itu kuncinya ketika kita memasuki dunia kerja. Karena kita mulai dari nol," ujar Ketua Ikatan Konsultan Indonesia (INKINDO) Bali 2022-2026 ini.

 

Ia menyarankan para lulusan agar selalu percaya diri serta menguasai ilmu dasar yang menjadi penilaian ketika masuk dalam sebuah perusahaan. Pun demikian jika mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

 

"Banggalah menjadi lulusan FT Unmas. Semua lulusan FT Unmas sudah bekerja. Perluaslah pergaulan dan cari informasi untuk kesuksesan," pesannya seraya mengatakan kini peluang kerja sangat terbuka apalagi lulusan Fakultas Teknik bisa masuk di banyak bidang. 

 

Acara pelepasan juga dirangkai Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Fakultas Teknik Unmas dengan LSO Hatsindo dan LSP Sakti.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Fakultas Teknik Unmas dengan LSO Hatsindon dan LSP Sakti. (Foto/ist)

 

Rangkaian pelepasan calon wisudawan/ wisudawati FT Unmas periode September 2023 ini juga diisi acara siraman kepada 47 calon wisudawan/wisudawati yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 16 September 2023 di halaman depan Rektorat Kampus Universitas Mahasaraswati Denpasar.

47 calon wisudawan/ wisudawati FT Unmas usai acara siraman. (Foto/ist)

 

Kini FT Unmas Denpasar memiliki Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Teknologi Informasi. Lulusan FT Unmas telah banyak yang sukses, baik di birokrasi, akademisi maupun wiraswasta/ pengusaha. FT Unmas Denpasar berkomitmen menjadi fakultas yang dapat menghasilkan lulusan bermutu, mandiri dan berbudaya. (Pbm5)

 


TAGS :

Komentar