Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Magister Kimia FMIPA Unud Dapat Apresiasi Rektor di Perayaan Dies Natalis Ke-61

Akreditasi Unggul, Magister Kimia FMIPA Unud Dapat Apresiasi Rektor di Perayaan Dies Natalis Ke-61.

Badung, PorosBali.com-  Jumat, 29 September 2023, bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Bukit Jimbaran, Universitas Udayana gelar upacara akademik Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana. Upacara akademik yang merupakan rangkaian acara dies natalis ke-61 ini mengambil tema “Membangun Sinergi Menciptakan Prestasi”. Tema ini sengaja dikemukakan karena Universitas Udayana bergerak menuju internasionalisasi unggul dan berprestasi global.

Tema ini sendiri mengandung arti kebersamaan perlu terus dipererat dan sinergi harus dibangun antarsivitas akademika Unud baik dari unsur pimpinan, tenaga akademik, tenaga kependidikan, pranata laboratorium pendidikan dan mahasiswa demi peningkatan kompetensi sumber daya manusia, menciptakan Universitas Udayana yang unggul dan berprestasi global.

Dalam laporannya, Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.IPU. menyampaikan, arah kebijakan Universitas Udayana mewujudkan ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi pada tahun 2021-2025. Untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi ini dalam bidang akademik dimulai dengan gebrakan beberapa program untuk mendukung internasionalisasi baik di level program studi, fakultas, unit dan lembaga.

Pada tahun 2023 ini sudah terdapat 4 program studi yang terakrediasi internasional IABEE yaitu PS S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, dan S1 Teknik Pertanian, 1 program studi terakreditasi Internasional ABEST 21 yaitu Prodi S2 Manajemen, serta 4 prodi tersertifikasi Internasional AUN-QA yaitu S1 Sastra Inggris, S1 Teknik mesin, S1 Ekonomi Pembangunan, serta S1 dan Profesi Kedokteran Hewan. Lebih lanjut Antara menyampaikan, saat ini terdapat 14 prodi yang sedang melakukan penyusunan Self Evaluation Report (SER) untuk akreditasi Internasional FIBAA.

Pada akreditasi nasional, pada tahun 2023 ini terdapat 10 program studi yang mendapat status akreditasi Unggul, yaitu Prodi S1 Agribisnis, Prodi S1 Peternakan, Prodi S1 Teknologi Informasi, Prodi Magister Agribisnis, Prodi Magsiter Bioteknologi Pertanian, Prodi Magister Ilmu Peternakan, Prodi Magister Pariwisata, Prodi Magister Kenotariatan, Prodi Magister Kimia, Prodi Magister Manajemen. Program studi yang mendapatkan status akreditasi unggul ini mendapat apresiasi luar biasa dari Rektor Universitas Udayana berupa uang Rp 35.000.000. Apresiasi akreditasi Unggul ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua LP3M Unud Prof. Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc, Ph.D sebagai lembaga di Unud yang mengayomi penjaminan mutu pendidikan di tingkat universitas.

Secara keseluruhan jumlah program studi di Unud dari tingkat diploma, sarjana, profesi, S2, spesialis, spesialis-2, dan S3 yang memperoleh predikat akreditasi unggul atau A per Agustus 2023 adalah 73 program studi atau sekitar 60,3%, terkareditasi Baik Sekali atau B sejumlah 40 program studi atau sekitar 33,1%, 5 prodi terakreditasi Baik/C, dan 3 prodi baru.

Akreditasi internasional dan nasional ini sejalan dengan empat unggulan MBKM yang dilakukan oleh Unud, yang terdiri atas: (1) Penguatan inovasi riset dan pengabdian, (2) Penguatan kurikulum, (3) Penguatan tata kelola, dan (4) Penguatan kerja sama/internasionalisasi.

Udayana menyadari, dengan melakukan kolaborasi dan sinergi antara lingkungan kampus menjadi sebuah kebutuhan untuk mempercepat terwujudnya ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi secara menyeluruh. Ekosistem pendidikan bermutu yang dibangun Unud berdasarkan tujuan untuk membentuk karakter manusia di dalamnya untuk dapat berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitarnya secara baik. Interaksi Ekosistem Pendidikan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dikembangkan di Unud berbasis empat unggulan akan menjadi dasar utama dalam mewujudkan Visi Unud, “Terwujudnya Perguruan Tinggi yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya”

Selain gebrakan akreditasi internasional, pada bidang akademik juga telah dilakukan program-program yang mendukung IKU PT (Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi) dan menciptakan ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi. Di antaranya: (1) Menyelenggarakan kuliah Internasional melalui program UISP, GoBali, BIPAS, Tropical Engineering, BIPA, IBSN, UpSkill, Elective Study dan Sport and Physiotherapy, (2) Mahasiswa Unud Outbound ke Universitas Luar Negeri melalui program: International Credit Transfer (ICT), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), ACU (Australian Catholic University) dan The Twin College Envoys Program (TWINCLE), (3) International Partnership Meeting & International Education and Culture Festival, Networking Session and Study in UK Expo, (4) Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang setiap tahun meningkat dan diharapkan meningkat dari 4.524 menjadi 5.150 mahasiswa pada tahun 2024, (5) Program Praktisi Mengajar, (6) Peningkatan Kerjasama Penyedia dan Penerima Beasiswa, (7) Program Udayana University International Senior Researcher Fellowship (UNISERF), (8) Pengembangan Profesi Staf Akademik Menuju World Class University, International Partnerships Institution-based Research (INSPIRE), (9) LPPM IPACOE (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat International Partnership Program and Community Engagement), (10) Kegiatan Pengabdian Internasional Fakultas/Unit, (11) INSPORTY (International Student Project For Community), dan (12) Pendanaan Penelitian dari Sponsor Internasional.

Pada bidang non-akademik, dalam mewujudkan Ekosistem Pendidikan Bermutu Terintegrasi diperlukan adanya dukungan sarana prasarana pendidikan yang bermutu dengan mengintegrasikan lokasi dan sarana prasarana pendukung yang selama ini terpencar di Kampus Denpasar dan Kampus Jimbaran. Diharapkan memberikan dampak yang luar biasa terhadap integritas Unud tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga akan mempercepat proses menuju universitas berkelas dunia.

Program non akademik tersebut adalah: (1) Pembangunan Rumah Sakit Unud di kampus bukit jimbaran, (2) Melakukan Inovasi Pelayanan Unggulan Rumah Sakit Unud, (3) Menyelesaikan 22 proyek konstruksi yang sudah selesai di tahun 2022 dan sudah dioperasikan untuk kegiatan akademik di tahun 2023 diantaranya adalah: pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Kelautan dan Perikanan, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Budaya, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Hewan, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Hukum, pembangunan Gedung Dekanat Fakultas Ekonomi Bisnis, pembangunan Rumah Sakit Gigi dan Mulut, pengemnbangan Rumah Sakit Universitas Udayana, pembangunan Ruang Kuliah Bersama Humanity & Science, renovasi Pura Maha Widya Saraswati, renovasi Gedung Perpusatakaan Selatan, dan (4) Pengelolaan aset UNUD berupa tanah.

Baca juga: FH Unud Terima 4 Penghargaan pada Perayaan Puncak Dies Natalis Unud Ke-61

Segenap Civitas Akademika Fakultas MIPA merasa berbahagia dan berbangga dapat memberikan kontribusi pada peningkatan jumlah program studi yang terakreditasi Unggul di Universitas Udayana. Saat ini FMIPA memiliki 5 program studi yang terakreditasi Unggul/A yaitu S1 Biologi, S1 Farmasi, PS Profesi Apoteker, S2 Biologi, dan S2 Kimia. Sementara itu 5 prodi lainnya masih terakreditasi Baik/B.

Untuk memperkuat internasionaliasi, pada tahun 2024 FMIPA akan melaksanakan akreditasi Internasional ASIIN untuk program studi: Sarjana Farmasi, Sarjana Biologi, Profesi Apoteker, Magister Biologi, dan Magister Kimia.

Dengan adanya dukungan yang kuat dari segenap civitas akademika FMIPA dan Unud, semoga apa yang menjadi cita-cita mulia ini dapat terealiasi dengan baik. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3690-Akreditasi-Unggul-Magister-Kimia-FMIPA-UNUD-dapat-apresiasi-rektor-dalam-Perayaan-Dies-natalis-ke-61.html

 


TAGS :

Komentar