Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dinas Perpustakaan Badung Terima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Kategori Pegiat Literasi

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung Terima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Kategori Pegiat Literasi, Rabu 11 Oktober 2023.

Badung, PorosBali.com-  Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, pemerintah wajib memberikan penghargaan kepada setiap orang yang telah berjasa menyimpan, merawat, dan melestarikan naskah kuno serta memberikan penghargaan gerakan pembudayaan kegemaran membaca kepada masyarakat baik perseorangan, kelompok dan/atau lembaga yang berhasil meningkatkan minat baca, dan kebiasaan kegemaran membaca di masyarakat melalui pendayagunaan perpustakaan.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung mengajukan Pegiat Literasi Perorangan yang berasal dari Sahabat Perpustakaan. Sahabat Perpustakaan yang telah dibentuk oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung atas nama Debby Lukito Goeyardi, B.Sc. menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Kategori Pegiat Literasi Perorangan. Jabatan dalam Sahabat Perpustakaan adalah sebagai sekretaris.

Penerimaan ini didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan, Pembinaan dan Layanan Perpustakaan, Tjokorda Istri Mas Kartikawati, SE, M.Si. mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Rabu 11 Oktober 2023 bertempat di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, SH, MAP dalam kesempatan yang terpisah menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya menindaklanjuti amanat undang-undang tersebut dalam rangka membangun kesadaran masyarakat perihal pentingnya perpustakaan dalam pembudayaan kegemaran membaca.

Pelaksanaan Kegiatan Gemilang ini merupakan ajang prestasi yang diberikan penghargaaan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai sebuah wadah untuk berkreasi dan beraktivitas bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 yang dalam hal ini adalah meningkatkan minat baca dan budaya baca masyarakat Indonesia menuju masyarakat Indonesia yang cerdas.

Perpustakaan Nasional RI secara rutin menyelenggarakan acara Gemilang Perpustakaan Nasional setip tahun, memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berjasa dalam penyelenggaraan pembangunan dan promosi perpustakaan yang dihadiri pula oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga yang sekaligus menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2023 Kategori sebagai Pejabat Publik. (pbm2)

 


TAGS :

Komentar