Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

UPT Bahasa Universitas Palangkaraya Lakukan Kunjungan Kerja ke FIB Unud

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Palangkaraya (UPR) melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Badung, PorosBali.com-  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Palangkaraya (UPR) melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) pada Kamis, 19 Oktober 2023 bertempat di Ruang Sidang Senat FIB Unud, Kampus Nias Denpasar.

Tim UPT Bahasa UPR yang terdiri atas Kepala UPT, Prof. Dr. Maria Arina Luardini, MA, dan Pengadministasi Keuangan Diah Prasita, SE, diterima langsung oleh Dekan FIB Unud I Nyoman Aryawibawa, SS, MA, Ph.D, yang didampingi oleh Koordinator Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suparwa, M.Hum, beserta jajaran.

Dekan FIB Unud Nyoman Aryawibawa, Ph.D, menyambut baik kedatangan tim UPT Bahasa UPR dan berharap pertemuan yang dilaksanakan mampu memfasilitasi tujuan kedatangan tim UPR ke FIB Unud. Dalam paparan yang diberikannya, Kepala UPT Bahasa UPR, Prof. Maria menyebutkan, tujuan kedatangannya adalah untuk mempelajari tata kelola program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang ada di FIB Unud.

Koordinator Program BIPA FIB Unud Prof. Suparwa menyebutkan, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan program BIPA. Untuk BIPA yang ada di FIB Unud, dia berupaya menjaga keunikan program BIPA yang dikelolanya, yakni tidak hanya terbatas pada pembelajaran bahasa Indonesia, akan tetapi juga budaya Indonesia.

“Kebanyakan peminat program kami, datang tidak hanya untuk belajar bahasa, tetapi juga ingin memahami budaya Indonesia lebih dalam,” ujar Prof. Suparwa.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya koordinasi antar unit dalam pengelolaan BIPA. Menurutnya, di FIB Unud, pengelolaan BIPA juga dibantu, pada level universitas, oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud dan pada level fakultas oleh Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS) FIB Unud. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3824-UPT-BAHASA-UNIVERSITAS-PALANGKA-RAYA-LAKUKAN-KUNJUNGAN-KERJA-KE-FIB-UNUD.html

 


TAGS :

Komentar