Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

PEKAT IB Tabanan Kawal Ngusaba Pura Luhur Rambut Sedana

Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT IB) Tabanan mengawal pemargi Ida Bhatara Sasuhunan Pura Sri Rambut Sedana, Penebel Tabanan dalam upacara Melasti menuju Pura Luhur Gede Batu Ngaus, di Pantai Mengening, Cemagi, Badung, Senin (20/11/2023). (Foto/ist)

Tabanan, PorosBali.com- Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT IB) Tabanan mengawal pemargi Ida Bhatara Sasuhunan Pura Sri Rambut Sedana, Penebel Tabanan dalam upacara Melasti menuju Pura Luhur Gede Batu Ngaus, di Pantai Mengening, Cemagi, Badung, Senin (20/11/2023).

Ketua DPD PEKAT IB Tabanan IB Anom Orbawan menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi Organisasi PEKAT IB Tabanan dalam hal ini, salah satunya adalah bela negara.  

"Bela negara kita lakukan dalam bentuk kelestarian dan kerja sosial menunjang kegiatan kemasyarakatan. Hari ini khususnya lami di PEKAT IB Tabanan melakukan kegiatan pengawalan dalam acara Ngusaba di Pura Luhur Rambut Sedana Jatiluwih. Kita berusaha memberikan bantuan pengawalan agar memberikan kenyamanan dan kelancaran di dalam ritual perjalanan Melasti ke Pantai Mengening Badung," paparnya.

Orbawan berharap agar masyarakat bisa merasakan kehadiran organisasi ini dan benar-benar ada manfaatnya. 

"Dari kami di PEKAT IB Tabanan ini adalah salah satu dari bentuk pengabdian kepada masyarakat. Di dalam program kerja kami di kemudian hari, kami tentu akan melakukan hal-hal yang lebih menyentuh kepentingan masyarakat umum," tandas Orbawan.

Selanjutnya Penasihat PEKAT IB Tabanan I Gusti Ngurah Gede Witjaksana menambahkan PEKAT IB Tabanan mendapatkan undangan dari pihak Pura Luhur Rambut Sedana, Penebel, Tabanan dalam rangka nyanggra (menyambut)  Ida Bhatara melasti ke Segara Mengening, Cemagi, Badung.

"Ini merupakan tugas yang sangat mulia bisa berpartisipasi sebagai wujud bakti PEKAT IB Tabanan ngaturang ayah-ayahan dalam menjaga dan menegakkan nilai-nilai sosial budaya yang merupakan kearifan lokal adat Bali," ungkapnya.

Ia berharap Pekat IB Tabanan ke depan selalu dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial lainnya.

Suatu penghargaan yang luar biasa bagi Pekat IB Tabanan dapat di diikutkan dalam kegiatan sosial keagamaan yaitu Ida Bhatara Rambut Sedana Penebel lunga (menuju) melasti ke Segara Mengening,  Cemagi. Dumogi memargi antar lan rahayu," harap Witjaksana.

Baca juga: Peringatan Hari Puputan Margarana Diharapkan Mampu Bangkitkan Semangat Mengisi Kemerdekaan

Ditambahkan pula, Sekretaris DPD PEKAT IB Tabanan IGN Khismayana Wijanegara kembali menegaskan kegiatan bernuansa keagamaan tersebut sebagai wujud pertahanan negara dalam hal budaya.

"Penjajahan kebudayaan itu memecah belah bangsa. Perlu adanya penguatan kesenian adat budaya agama. 
Di dalam kebudayaan ada agama dan agama mirip keyakinan," pungkas Khisma.

Untuk diketahui seusai melasti dari Segara Mengening, Ida Bhatara simpang ke Pura Puseh Penebel, ngererep (bermalam). Keesokan harinya tanggal 21 November 2023 Ida Bhatara memargi nyujur Pura Puseh Babahan. Selanjutnya usai di Pura Puseh Babahan menuju Pura Puncak Semau Bolangan. Setelah tiba di Bolangan berlanjut ke Pura Gunung Sari, pada Rabu (22/11/2023). Tiba di Pura Gunung Sari memargi menuju Pura Rambut Sedana. Pengawalan depan dari PEKAT IB Tabanan, di tempat tertentu petugas dari Radio Antarpenduduk Indonesia (pbm7)


TAGS :

Komentar