Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

UPIK dan Media, Rektor Unud Prof. Suardana Hadiri “Appreciation and Awarding Night”

Rektor Unud Prof. Ngakan Suardana menyerahkan penghargaan saat Appreciation and Awarding Night yang digelar Tim Jubir Rektor, Jumat (8/12/2023) di salah satu hotel di bilangan Sanur. (foto/Unud)

Denpasar, PorosBali.com- Tim Juru Bicara Rektor Unud di bawah Komando Putu Ayu Senja Pratiwi menggelar acara Appreciation and Awarding Night, Jumat malam (8/12/2023). Acara yang digelar di Hotel Prime Plaza Sanur tersebut memberikan apresiasi kepada fakultas atau unit serta media yang selama ini telah bekerja sama dengan Unud.

Hadir pada acara tersebut, Rektor Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT, Ph.D., Ketua Senat Unud Prof. Dr. Ir. Gede Mahardika, MS, sejumlah dekan, puluhan media baik media cetak, elektronik, serta media online, tim juri, serta ratusan undangan lainnya. Acara tersebut juga dimeriahkan sejumlah pentas seni dan fashion show dari Jegeg Bagus Universitas Udayana.

Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Suardana menyatakan, merawat citra positif untuk sebuah institusi bukanlah merupakan persoalan mudah. Ada banyak usaha yang harus dilakukan guna menjaga nama baik Universitas Udayana. “Salah satu di antaranya adalah membuat beragam karya jurnalistik yang selanjutnya harus dipublikasikan secara masif dan berkelanjutan. Terlebih lagi bentuk publikasi yang dimaksud tidak lagi bersifat konvensional melalui media cetak atau elektronik, melainkan wajib untuk dipublikasikan melalui beberapa aplikasi media sosial yang sedang trend untuk konsumsi publik,” tegasnya.

Untuk itu, ujar Rektor, tentu dibutuhkan adanya inovasi-inovasi terkait cara mengemas dan menarasikan karya publikasi yang nantinya akan diunggah di dalam media sosial.  Guna merespons kebutuhan tersebut, pihaknya menggelar serangkaian workshop yang ditujukan kepada Tim UPIK dan Tim Berita dari fakultas dan unit dengan difasilitasi oleh Tim Juru Bicara Rektor.

Workshop yang terselenggara, ujarnya, tidak sekadar menghadirkan narasumber untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan yang bersifat teoretis, melainkan turut menyisakan pekerjaan rumah bagi para peserta untuk membuat segenap karya jurnalistik. “Kemudian dikompilasi untuk dikompetisikan dan dinilai oleh Dewan Juri. Peserta ikut berpraktek keilmuwan yang diperoleh selama workshop,” katanya.

Terhadap karya jurnalistik terbaik yang dinilai tersebut, ujar Rektor, akan diumumkan dan akan diberikan apresiasi. “Namun patut saya tegaskan, ini bukan soal apresiasi semata namun lebih ditekankan untuk menghargai realisasi peningkatan karya jurnalistik yang mampu dihasilkan oleh Tim UPIK, Berita dan unit,” ujarnya.

Apresiasi diberikan kepada Tim UPIK, Tim Berita, maupun Media untuk beberapa kategori. Untuk fakultas dengan link berita terbanyak diraih oleh Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Untuk pengelolaan website terbaik diberikan kepada FMIPA, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan FK. Sementara fakultas dengan pengelolaan media sosial terbaik diberikan kepada Fakultas Teknik (FT), FEB, dan Fakultas Pariwisata (FPar). Satu lagi, fakultas dengan berita jurnalistik terbaik diberikan kepada Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Kantor Urusan Internasional (KUI) dan FEB.

Apresiasi selanjutnya diberikan kepada media. Untuk kategori media dengan style dan kreativitas terbaik diberikan kepada Redaksi 9, Pena Bali, dan Update Bali. Selanjutnya media dengan publikasi berita Unud terbanyak diberikan kepada Baliilu, Baliportalnews dan Baliviralnews.com. Untuk media juga diberikan apresiasi serangkaian acara Dies Natalis Unud beberapa waktu lalu.

Sebagai puncak acara, Rektor Unud pun membacakan juara umum kepada salah satu fakultas. Ternyata, juara umum serangkaian Appreciation and Awarding Night jatuh kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Selanjutnya Rektor Unud menyerahkan hadiah juara umum dan diterima Dekan FEB Agoes Ganesha Rahyuda, SE, MT, Ph.D. (Pbm5)


TAGS :

Komentar