Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Alit Wiradana Lepas Peserta Pekan Daerah KTNA Denpasar

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana melepas secara resmi Kontingen KTNA Kota Denpasar untuk mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 di Gedung Santi Graha Kota Denpasar, Selasa (7/5). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara melepas secara resmi Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar untuk mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 yang akan berlangsung di areal Pura Samuan Tiga Bedulu Gianyar pada 13-17 Mei mendatang. Pelepasan peserta yang terdiri atas 30 orang ini dilaksanakan di Gedung Santi Graha Kota Denpasar, Selasa (7/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian Kota Denpasar AA Bayu Brahmasta, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa, perwakilan OPD terkait serta undangan lainya.

Walikota Denpasar dalam sambutan yang dibacakan Sekda Ida Bagus Alit Wiradana menjelaskan, Kontak Tani Nelayan Andalan atau yang disingkat KTNA, merupakan salah satu kelembagaan petani dan nelayan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan. Hal ini lantaran KTNA mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan produksi, dan pendapatan serta kesejahteraan.

Lebih lanjut dijelaskan, sektor pertanian di Kota Denpasar saat ini sudah mengarah ke urban farming (pertanian perkotaan). Urban farming merupakan praktik budidaya, pemrosesan dan distribusi bahan pangan di sekitar kota, yang dimana melibatkan peternakan, budidaya perairan dan hortikultura.

Dikatakannya, Pemeritah Kota Denpasar turut serta mendukung kegiatan-kegiatan di sektor pertanian, salah satunya yaitu pekan daerah. Pekan Daerah KTNA merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan di sektor pertanian dan perikanan.

Baca juga: Walikota Jaya Negara Apresiasi Denpasar Education Festival

Melalui pekan daerah ini pihaknya berharap anggota KTNA Kota Denpasar dapat meningkatkan motivasi petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis. Hal ini utamanya dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuhkembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan.

Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar I Wayan Putra Sarjana didampingi Ketua KTNA Kota Denpasar I Wayan Merta Jiwa menjelaskan, KTNA merupakan lembaga yang terdiri atas komunitas petani dan nelayan yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan dibidangnya masing-masing dan mempunyai karakter patriotis dalam pembangunan ekonomi, khususnya di bidang agribisnis.

Serangkaian pelaksanaan Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 ini telah dilaksanakan pembekalan sebanyak empat. Pekan Daerah KTNA akan dilaksanakan mulai dari tanggal 13-17 Mei 2024 bertempat di Areal Pura Samuan Tiga Bedulu Gianyar. KTNA Kota Denpasar mengirimkan peserta 30 orang serta pendamping dari OPD terkait 7 orang. (pbm2)


TAGS :

Komentar