Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Suiasa Lepas Peserta Peda KTNA XXVII Kabupaten Badung

Wabup Ketut Suiasa melepas para peserta Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan XXVII Kabupaten Badung di Ruang Rapat Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Jumat (10/5). (foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melepas para peserta dan pendamping Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) XXVII Kabupaten Badung yang akan berlangsung tanggal 13-17 Mei di Kabupaten Gianyar, Bali. Pelepasan dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Jumat (10/5) dan dihadiri Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Kabag SDA Setda Badung I Made Adi Adnyana, camat se-Badung, Ketua KTNA Badung I Made Suparsa.

Wabup Suiasa memberi apresiasi dan menyambut baik kegiatan Peda KTNA. Dia berharap kepada para petani yang ikut kegiatan Peda agar bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik sehingga mampu mencari hikmah dalam serangkaian kegiatan acara Peda tersebut.

”Terima kasih saya sampaikan kepada semua peserta yang ikut kegiatan Peda nanti. Saya minta agar bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik, karena dalam Peda nanti berbagai kegiatan dilaksanakan dan dihadiri berbagai stakeholder dari sektor pertanian atau para petani itu sendiri, pemerintah dan pihak swasta. Pertemuan tersebut sebagai momentum yang sangat baik bagi para petani untuk berbagi pengalaman, informasi dan bertukar pikiran,” ujarnya.

Dengan kegiatan Peda nanti diharapkan kepada para petani agar bisa beradaptasi dengan teknologi tentang pertanian sehingga nanti para petani bisa melakukan berbagai inovasi di sektor pertanian. Namun disisi lain tentu banyak tantangan dan kendala yang dihadapi oleh petani jika dilakukan kolaboratif bersama-sama dari para stakeholder dan para petani.

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Terima Perkumpulan Umat Budha, Desa Banjar, Buleleng

“Terutama komitmen dalam kesungguhan secara konsistensi bersama untuk senantiasa memperhatikan sektor pertanian yang harus kita pertahankan. Saya yakin dan percaya berbagai kendala dan hambatan semuanya bisa dikendalikan,” pesan Suiasa.

Dirinya juga berharap kepada KTNA sebagai mitra pemerintah agar melakukan kerja sama yang baik dalam rangka untuk mempertahankan sektor pertanian yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Pihaknya juga sudah melakukan upaya membantu petani dengan menjaga kestabilan harga, kelancaran pemasaran melalui PD Pasar dan Badan Pangan Daerah dengan membeli hasil produksi petani.

Kabag SDA Setda Badung I Made Adi Adnyana melaporkan, dasar hukum pelaksanaan Peda KTNA XXVII tahun 2024 tersebut yaitu Keputusan Bupati Badung No. 439/01/HK/2024 tentang Pembentukan Panitia, Penunjukan Pembina dan Pendamping, Narasumber serta Peserta Kegiatan Pekan Daerah, Rembug dan Expo Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Badung tahun 2024 pada Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah, Sub. Kegiatan Koordinasi, Sinkronisasi dan Evaluasi Kebijakan Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan dan Perda Kabupaten Badung Nomor 8 tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2024.

”Tujuan Peda KTNA XXVII Kabupaten Badung ini untuk meningkatkan motivasi petani, nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis, dalam pengembangan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan, melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuh kembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian dan perikanan. Waktu dan tempat Peda KTNA XXVII dilaksanakan nanti dari tanggal 13-17 Mei tahun 2024 yang dipusatkan di Wantilan Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Jumlah peserta 45 orang, terdiri atas 30 orang anggota KTNA dari seluruh Kabupaten Badung dan 15 orang pendamping serta petugas penyuluh lapangan dari dinas terkait,” lapornya. (pbm2)


TAGS :

Komentar